ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Menhub Budi Karya Sumadi (tengah): jangan ada pungli. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)   

NET - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penyelenggaraan siaga angkutan laut Lebaran ini dimulai 31 Mei sampai dengan 1 Juli 2018. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang telah disiapkan 1.293 unit kapal untuk mengangkut 3,4 juta penumpang.

“Kapal yang digunakan untuk angkutan Lebaran 2018 sudah dilakukan uji petik kelaikan laut, terutama kapal penumpang," ujar Budi, Jumat
(1/6/2018).

Menhub menyebutkan tugas berat bagi perhubungan laut, tapi diminta bekerja dengan ikhlas. “Petugas agar selalu membantu terhadap para pemudik, bareng, guyub, dan rukun. Hal ini agar diperhatikan petugas, penumpang dibantu mudik. Jangan ada pungli,” tutur Budi mengingatkan.

Budi menjelaskan tahun 2018 ini, Kemenhub (Ditjen Hubla) juga menyelenggarakan mudik gratis kapal laut sepeda motor. “Saya berharap supaya masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis ini dari Tanjung Priok- Semarang (PP),” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo menjelaskan perjalanan mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada saat datangnya Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itu, terjadi perpindahan masyarakat dengan jumlah besar dan dalam waktu yang bersamaan.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan memulai penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran tahun 2018 (1439H) pada H-15 (31 Mei 2018) sampai dengan H+15 (1 Juli 2018). Bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut Lebaran ini, akan dilakukan pula kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut di 52 pelabuhan pantau melalui Posko Angkutan Laut Lebaran tahun 2018 (1439H), yang merupakan bagian dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan.

Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut, Chandra Irawan mengatakan Pemerintah memprediksi pada Angkutan Lebaran tahun 2018 akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 2,27 persen dibandingkan dengan tahun 2017. Terlebih lagi tahun ini Pemerintah telah memastikan penambahan cuti bersama lebaran menjadi 10 (sepuluh) hari lamanya sehingga pelaksanaanya perlu dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik.

“Guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa Angkutan Laut Lebaran tahun 2018, Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3,4 juta orang penumpang. Sedangkan untuk menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran seluruh UPT telah melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal penumpang di seluruh pelabuhan, terutama pada pelabuhan yang melayani angkutan laut Lebaran,” kata Chandra. (dade)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top