Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Walikota : Satu Perak Pun Uang Rakyat Harus Kembali Ke Masyarakat

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah saat memimpin rapat.   
(Foto: Pemerintah Kota Tangerang)   
TAHUN anggaran 2017 akan berakhir tidak kurang dari dua bulan lagi. Dalam melihat progres penyerapan anggaran untuk tahun 2017, Walikota Tangerang  Arief R. Wismansyah didampingi Sekretaris Derah (Sekda) Dadi Budaeri dan Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Mohtarom memimpin Rapat Evaluasi Pembangunan di Ruang Rapat Akhlakul Karimah, Senin  (13/11/2017).

Secara garis besar, Walikota menyoroti program kerja khususnya beberapa kegiatan yang masih menyisakan anggaran hingga triwulan terakhir ini. Para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun secara acak menyampaikan paparan singkat terkait progres realisasi program dan penyerapan anggaran masing-masing.

“Di sisa waktu pada tahun 2017 ini, saya berharap agar OPD harus semakin mengoptimalkan penyerapan anggaran agar Silpa kita tidak besar,”  tegas Walikota.

Bukan hanya membahas program dan kegiatan, Walikota juga mengimbau agar setiap OPD memiliki data base yang mendukung realisasi program. Hal ini tentunya agar seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang digunakan dapat tepat sasaran dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat.

“Satu perak pun uang rakyat harus kembali ke masyarakat (manfaatnya). Jadi dalam tahapan perncanaan harus hati-hati. Anggaran harus bermanfaat. Walau cuma satu juta yang tidak terpakai (di OPD yang satu) masih bisa bermanfaat (di OPD yang lain),” tutur Walikota.

Lebih jauh mengenai penyediaan dan pemanfaatan data untuk menunjang suatu program, Walikota berharap adanya master,  data base. Sehingga tiap-tiap masyarakat dapat teridentifikasi apa saja fasilitas yang sudah dan dapat diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot). Hal ini tentu akan mempermudah pelayanan.

“Silahkan tiap OPD membangun Pusat Data masing-masing. Di update di masing-masing OPD, tapi tersentralistik server di (Dinas) Kominfo,” jelas Arief.

Selain itu, Walikota juga mengimbau agar program kegiatan harus senantiasa menyentuh dan melibatkan peran aktif masyarakat. Maka dari itu, beberapa program pembangunan 2017 semakin banyak turut melibatkan masyarakat. Tujuannya agar masyarakat semakin tahu dan dapat terlibat langsung dalam proses pembangunan Kota Tangerang.

Salah satu kunci suksesnya pembangunan, kata Walikota, yaitu adanya partisipasi masyarakat dan kerjasama saling bantu membantu antar OPD karena itu jika saling bantu membantu pekerjaan kita juga akan semakin ringan.

“Kita inginkan semangat kebersamaan dan gotong royong terus menjadi bagian dari setiap kegiatan  pembangunan masyarakat dan Kota Tangerang,” tuturnya. (Adv)

Post a Comment

0 Comments