ads


PPID Provinsi Banten

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ledakan pabrik tiner, api dan asap terlihat dengan jelas dari jauh. 
(Foto: Man Handoyo, Tangerangnet.com)   
NET - Sambaran petir yang menimpa  panel listrik di area pabrik tiner (PT Mustika Caraka Laksamana) di Kawasan Industri Manis, Jalan Manis V, Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Jumat (17/11/2017) mengakibatkan pabrik tersebut hangus terbakar.

Akibatnya, dua orang karyawan di perusahaan tersebut mengalami luka bakar ringan  karena terkena reruntuhan  bagian atap perusahaan. Kedua orang tersebut adalah Kalipah, 54, yang mengalami luka bakar di bagian  tangan dan  Herman Syarif, 42, yang mengalami luka bakar di bagian pipi. Dengan kondisi begitu harus dilarikan ke Puskesmas Jatiuwung untuk mendapat pengobatan.

"Dua orang korban sempat dilarikan ke Puskesmas. Dan  setelah mendapat perawatan mereka dipulangkan ke rumahnya masing-masing," ujar  Ahmad Hamidi, 52,  Satpam pabrik tiner itu.

Hamidi yang sudah puluhan tahun bekerja di perusahaan tersebut menjelaskan kebakaran terjadi karena sambaran petir yang menimpa panel listrik di area perusahaan. Kemudian menimbulkan  percikan api yang menyambar ke tempat pengolahan tiner, sehingga  menimbulkan suara ledakan.

Melihat kejadian tersebut, kata Hamidi, para karyawan berhamburan ke luar pabrik untuk menyelamatkan diri. Dan dalam waktu sekejap api semakin menjadi, sehingga  warga sekitar yang tinggal tidak jauh dari lokasi pabrik menjadi panik.

''Kami juga sempat panik melihat kobaran api dan asap hitam tebal  yang membumbung tinggi dari area pabrik tiner itu. Kami bersama warga saling bahu membahu untuk memadamkannya,'' tutur Ali, warga sekitar lokasi.

Namun karena api sudah membesar, sulit dipadamkan , meskipun pada saat kejadian sedang turun hujan. "Api sulit dipadamkan karena di dalam pabrik itu terdapat beberapa bahan kimia yang mudah terbakar, seperti metanol,ajheton, token, butir karbunit, solfan, tiner dan lainnya,"  ucap  Ketua Tim Cepat Tanggap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Rana Rachdiana.

Bahkan, kata Rana, saat kebakaran terjadi juga sempat  menimbulkan  ledakan. Pihaknya kewalahan untuk bisa cepat memadamkannya. "Kami sudah mengerahkan delapan unit pemadam kebakaran, namun api tidak mudah padam,'' kata dia.

Samahalnya kata Kapolsek Jatiuwung, Komisaris Eliantoro Jalmaf yang menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kebakaran disebabkan dari petir yang menyambar panel listrik di dalam pabrik dan menyambar ke hasil pengolahan tiner, sehingga menimbulkan ledakan.

"Api sulit dipadamkan karena di dalam terdapat banyak drum yang menyimpan bahan kimia," ucap Rana.

Sampai berita ini disusun, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang masih terus berupaya melakukan pendinginan lokasi. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top