ads


Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga

Ilustrasi Logo PPNS.
(Foto: Istimewa)  
NET - Guna meningkatkan kebersihan di  Kota Tangerang,  Pemda akan mendirikan unit  Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang khusus menangani persampahan.

"Kalau PPNS khusus sampah ini sudah terbentuk, maka siapa pun yang membuang sampah sembarangan  tempat di Kota Tangerang, bisa dijerat dengan aturan yang ada," ujar Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kota Tangerang Sugiharta Achmad Bagja, di Kota Tangerang, Minggu (6/9/2015).

Sugiharta menjelaskan untuk mewujudkan pembentukan PPNS sampah  itu, saat ini dalam pembahasan  di Kota Tangerang.  “Mudah-mudahan semua pembahasan lancar sehingga PPNS dapat terwujud,” harap Sugiharta.

Sugiharta Achmad Bagja yang juga mantan Kapala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Rawa Kucing kota Tangerang, Banten  yang kondisinya rawan kebakaran pada musim kemarau ini, DKP  selain  menyiapkan empat unit mesin penyemprot air, juga menyiapkan  15 orang personilnya di lokasi tersebut.

"Pada musim kemarau ini sudah terjadi beberapa kali kobaran api di TPA Rawa Kucing. Karenanya,  selama 24 jam kami menempatkan 15  personil secara bergantian  berjaga-jaga di loklasi tersebut," ungkap Sugiharta.

Kelima belas orang yang disiapkan siang dan malam di lokasi TPA Rawa Kucing  itu adalah, enam  orang dari petugas kebersihan lapangan dan sembilan orang pengamanan. Mereka akan cepat bergerak, apabila melihat kepulan asap di area TPA, dengan cara menyemprotkan air menggunakan mesin penyemprot hingga ke dasar tumpukan sampah.

Karena, katanya,  bila penyemprotan hanya dilakukan  di lapisan atas sampah, dikhawatirkan masih menyimpan bara api  yang mudah memicu terjadinya kebakaran lebih besar.

"Ya selain  menancapkan selang air yang ke luar dari  mesin penyemprot, petugas juga akan mendorong permukaan sampah itu dengan alat berat," ujar Sugiharta Achmad Badja.

Disinggung soal upaya DKP untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Tangerang agar tidak membuang sampah di sembarang tempat, Sugiharta Achmad Bagja yang juga mantan Kapala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkot Tangerang mengatakan selain menyosialisasikan lewat sepanduk, juga menugaskan dua orang personilnya untuk merawat dan menjaga taman atau ruang terbuka agar tetap terjaga kebersihannya.

"Jadi selain merawat taman, mereka juga diwajibkan menegur dengan santun setiap pengunjung yang membuang sampah sembarangan," tutur  Sugiharta Achmad Bagja. (man)

Tangerang NET

Berita Tangerang Untuk Dunia
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Masukkan Komentar

Ad Inside Post


Top