Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WH Effect: Utak-Atik Meracik Konstalasi Politik Pilkada

HR Ubay Permana dan Dr. H Wahidin Halim 
dalam suatu perbincangan santai. 
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com)  


Oleh: HR Ubay Permana

 

CARA Wahidin Halim (WH) – Gubernur Banten 2027-2022 mengutak- atik dan meracik konstalasi politik menghadapi Pilkada Banten dan Kota Tangerang telah berhasil dengan menarik.

WH sebagai birokrat kesohor dan politikus ulung selaku ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Banten pada hari Minggu, 30 juni 2024 telah  membentuk koalisi bersama Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk ambil bagian dalam kontestasi  Pilkada Gubernur Banten dan Walikota Tangerang dengan mendeklarasikan bakal pasangan calon (Balon) Andra Soni dan Dimyati Natakusumah untuk Pilgub Banten dan Faldo Maldini berpasangan dengan Mohammad Fadlin Akbar sebagai Balon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2024 - 2029 .

Gerakan politik WH dalam melobi para petinggi partai dilakukan dengan senyap tanpa peliputan media. Namun hasilnya begitu spektakuler telah memberi efek kejut  terhadap para Balon Gubernur Banten maupun para Balon Walikota Tangerang yang lain.

Balon Gubernur Banten yang telah bersosialisasi melalui alat peraga kampanye (APK) seperti Airin Rachmi Diany, Ade Sumardi,  Arief Rachadiono Wismansyah, Ratu Ageng, dan Iti Octavia terkejut dengan di deklarasikannya pasangan Balon Andra Soni - Dimyati Natakusumah tersebut.

Begitu pun bagi Airin, terbentuknya poros dengan koalisi gemuk ini dan hanya tersisa 3 partai yakni Golkar, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Demokrat membuat dia menjadi sulit untuk memilih-milih wakil.

Karena sempitnya ruang dalam memilih wakil nampaknya Airin yang diusung Partai Golkar dapat dipastikan akan berpasangan dengan Ade Sumardi yang diusung PDI Perjuangan, sedangkan Balon Ratu Ageng ataupun Iti Octavia, dan Arief R. Wismansyah dari Partai Demokrat kehabisan teman koalisi dan kemungkinan tidak mendapat  perahu sehingga gagal untuk maju di Pilgub Banten.

WH EFFECT dirasakan pula bagi para Balon Walikota Tangerang  

Setelah WH bersama Partai Gerindra dan partai koalisi mendeklarasikan pasangan Balon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang: Faldo Maldini dari PSI dan Fadlin Akbar dari Partai Nasdem membuat Balon Walikota Tangerang lainnya kelimpungan.

Sachrudin Balon Golkar yang diprediksi banyak orang akan memenangkan Pilkada 2024 di Kota Tangerang ini menjadi kebingungan dengan konstalasi politik yang digagas WH ini.

Terbentuknya koalisi gemuk besutan WH membuat Sachrudin menjadi sulit mendapatkan pasangan. Langkah Sachrudin dalam mencari pasangan seperti terganjal.

Ibarat mengenakan sepatu ada kerikil di dalam sepatu yang dikenakannya sehingga membuat kakinya sakit untuk melangkah.

Terbentuknya poros gebrakan WH dengan koalisi 7 partai untuk Pilkada Kota Tangerang tahun ini, kini tersisa tinggal 3 partai: Golkar, PDI Perjuangan, dan Demokrat .

Sepertinya Golkar dapat berkoalisi dengan PDI Perjuangan mengusung Sachrudin dari Golkar sebagai Balon Walikota dan Andri S. Permana dari PDI Perjuangan sebagai Balon Wakilnya .

Sementara Jazuli Abdillah dan Helmy Halim, Balon dari Partai Demokrat menjadi resah dan gelisah. Jazuli supaya tidak terkesan Ngerecokin telah mundur teratur entah dengan Helmy Halim dan partainya.

Balon lainnya pun kini dalam situasi yang tak pasti, karena kalaupun hendak maju sudah tak ada lagi perahu.

Kini yang mereka rasakan adalah hanya rasa bingung, tercengang dan terperangah, kok begini jadinya ..?

Mereka merasa heran, aneh tapi nyata dan mengakui kehebatan dan kepiawaian WH dalam mengutak- atik dan  meracik konstalasi politik dengan begitu menarik.

WH memang pantas mendapat gelar sebagai birokrat sohor dan politisi ulung dan WH  layak mendapat bintang 🌟 .

 

Tangerang, 5 Juli 2024.

Wassalam: Panglima 

Post a Comment

0 Comments