Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Angkutan Lebaran 2024, Bandara Soetta Uji Kehandalan Dan Sistem Kelistrikan

Petugas bidang kelistrikan Bandara Soetta 
melakukan uji kehandalan sistem kelistrikan. 
(Foto: Istimewa)  


NET – Guna meningkatkan pelayanan dan kehandalan sistem pada masa Angkutan Lebaran 2024, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan serangkaian pengujian kehandalan jaringan kelistrikan dan sistem cadangan di Terminal 1, 2, dan 3 serta beberapa gedung kerja KCU Bandara Soekarno-Hatta pada 27 dan 28 Maret 2024.

Senior Manager of Branch Communication & Legal M. Holik Muardi menjelaskan pengujian ini bertujuan untuk memastikan kehandalan suplai catu daya listrik dan ketangguhan sistem kelistrikan dalam menghadapi peningkatan pergerakan selama masa Angkutan Lebaran.

“Dengan menguji sistem kelistrikan secara menyeluruh, dapat diidentifikasikan potensi masalah serta memastikan bahwa operasi dan response time back up catu daya cadangan siap mengatasinya dengan cepat dan efisien,” ujar Holik Muardi kepada wartawan di Bandara, Kamis (28/3/2024).

Pengujian ini mencakup, kata Holik, pemadaman listrik selama (-/+) 15 detik dan Tes On Load Genset (-/+) 30 menit pada 2 sesi pengujian. Langkah ini diambil untuk menguji kesiapan dan keandalan sistem cadangan dalam mengatasi situasi darurat serta untuk memastikan bahwa operasi Bandara dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

“Sebelum dilakukannya proses pemadaman listrik selama (-/+) 15 detik, untuk menghindari kekhwatiran pada penumpang yang berada di Terminal, terdapat pemberitahuan melalui announcement pada Terminal 1, 2, dan 3 yang diumumkan sebanyak 3 kali,” tutur Holik.

M. Holik Muardi mengatakan uji sistem kelistrikan merupakan upaya dan antisipasi Bandara Soekarno-Hatta dalam menghadapi masa Angkutan Lebaran Tahun 2024.

"Sebagai bagian dari pelayanan, kami untuk memastikan operasional yang aman dan lancar selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2024. Kami menjalankan serangkaian pengujian menyeluruh terhadap sistem kelistrikan di Bandara,” ucap Holik.

Pengujian tersebut, imbuh Holik, meliputi pengujian genset dan pemadaman listrik selama 15 detik pada waktu yang telah ditentukan. Pengujian ini tentunya dilakukan dengan memperhatikan standar keselamatan yang tinggi dan dengan koordinasi yang baik bersama pihak terkait.

Holik Muardi menjelaskan selama periode Angkutan Lebaran manajemen KCU Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus meningkatkan standar layanan dan keselamatan bagi semua pengguna jasa di Bandara.

"Kami mengerti betapa pentingnya keandalan sistem kelistrikan dalam mendukung operasional Bandara, terutama selama periode dengan tingkat lalu lintas yang tinggi seperti Angkutan Lebaran. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur dan proses operasional kami,” ujar Holik.

Langkah-langkah yang telah diambil, kata Holik, termasuk peningkatan infrastruktur kelistrikan, peningkatan pemeliharaan rutin, dan implementasi teknologi terbaru untuk mendukung operasi bandara yang lancar dan efisien.

“Kami percaya bahwa dengan upaya pengujian ini, kita dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua penumpang yang terbang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim Angkutan Lebaran," tutur Holik Muardi.

Adapun setelah proses Tes On Load Genset atau penggunaan genset yang di suplai melalui cadangan MPS 2 & 3 selama (-/+) 30 menit dikembalikan ke suplai utama setelah proses pengujian berhasil.

Pelaksanaan Pengujian Jaringan Kelistrikan Sesi 1: Rabu, 27 Maret 2024, pukul 23.15 - 24.00 WIB (Power Station 2 dengan Genset Main Power Station 2). Sesi 2: Kamis, 28 Maret 2024, pukul 01.15 - 02.00 WIB.(Power Station 3 dengan Genset Main Power Station 3). (*/pur)


Post a Comment

0 Comments