Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Warga “Menikmati” Vaksinasi Di Alam Terbuka Dan Hijau

Seorang warga seperti menikmati 
ketika disuntik vaksin oleh dokter. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Demi menyukseskan program vaksinasi untuk menciptakan herd immunity. Berbagai cara pun dilakukan pihak penyelenggara untuk bersama-sama memerangi Covid-19. Salah satunya, yang dilakukan Puskesmas Poris Plawad, yang menggelar vaksinasi dosis tiga atau booster, dengan suasana hutan kota. Vaksinasi sambil berwisata ini digelar di Hutan Kota Cluster Italy, RW 15, Banjar Wijaya, Kelurahan Poris Plawad Indah, Kota Tangerang, Jumat (28/1/2022).

Kepala Puskesmas Poris Plawad dokter Wien Agung mengungkapkan ini menjadi salah satu inovasi dalam pagelaran vaksinasi di Kota Tangerang. Suasana ini dihadirkan agar masyarakat yang meragukan atau takut untuk divaksin, bisa lebih tertarik datang. Harapannya, membantu rileksasi dan mengurangi stress.

Bagaimana tidak, dikatakan dokter Wien, peserta vaksin disuguhkan pemandangan yang serba hijau. Mengantre di tengah-tengah pepohonan, ditemani silir angin yang sejuk. Hal ini membuat tidak ada rasa bosan dalam proses menunggu, bahkan tak sedikit dari peserta vaksin betah berlama-lama sambil berswa foto. 

“Sama-sama kita ketahui, banyak peserta gagal atau tunda vaksin karena tensinya tinggi. Salah satunya, itu terjadi karena ketakutan atau tegang yang berlebihan. Dengan itu, lewat suasana hutan kota yang dihadirkan, masyarakat bisa jauh lebih tenang dan nyaman,” ungkap dokter Wien.

Dijelaskan dokter Wien, selain dengan pemandangan Hutan Kota, Puskesmas Poris Plawad bersama Kelurahan Poris Plawad Indah menggelar vaksinasi dengan pemandangan kolam renang, door to door hingga gerai tingkat RW.

“Kita terus melihat potensi di masing-masing wilayah, kalau kita bisa sajikan suasana vaksinasi yang berbeda pasti kita akan buat berbeda. Selain memberikan kenyamanan bagi peserta vaksin, kami membuat nyaman para petugas, yang sekiranya lelah dan jenuh dengan rutinitas sehari-harinya,” tutur dokter Wien.

Sementara itu, Rano Sultan, salah seorang peserta vaksin mengaku senang dan merasa lebih nyaman dengan suasana vaksinasi yang berbeda ini. Biasanya, vaksinasi digelar di dalam gedung, sekolahan atau mal.

“Senang sih, diberi gerai vaksinasi yang senyaman ini. Rasanya lebih antusias dan tenang saja mengikuti alur vaksinasinya. Terima kasih pada seluruh penyelenggara, semoga hal-hal seperti ini bisa semakin banyak. Sehingga, kian banyak masyarakat Kota Tangerang yang mengikuti vaksinasin. Karena vaksinasi bukan bicara diri sendiri, tapi kita semua,” ucapnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments