Italia Juara Piala Eropa 2020 Melalui Drama Adu Finalti Tumbangkan Inggris

Baca Juga

Goal balasan dari Italia yang disarangkan 
Leonardo Banucci ke gawang Inggris.  
(Foto: Istimewa)  




NET - Melalui pertarungan yang sangat sengit dan diakhiri melalui adu tendangan finalti, Timnas Gil Azzurri Italia akhirnya sukses dan meraih juara Piala Eropa 2020 setelah menundukkan musuh beratnya Timnas Inggris 3-2 dalam partai final Piala Eropa 2020 yang digelar di stadion Wembley, Inggris pada Senin (12/07/2021) dinihari.

Timnas Inggris unggul lebih dulu melalui gol cepat pemain Tree Lion Luka Shaw pada menit kedua babak pertama dimulai. Bermula dari umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan menuju Luka Shaw yang tidak terkawal di tiang jauh. Dan Luka Shaw mampu menyambar bola umpan silang tersebut dan menceploskan bola ke gawang timnas Italia yang dijaga oleh Gianluigi Donnarumma. Dan Timnas Inggris unggul 1-0.

Tertinggal atas Inggris, Timnas Italia balik tampil menekan untuk menyamakan kedudukan. Dan kerja keras para pemain Italia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-67. Pemain Timnas Italia Leonardo Bonucci membobol gawang Jordan Pickford setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Inggris dari hasil sepak pojok. Skor berubah 1-1.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Timnas Italia tampil semakin dominan menguasai jalannya permainan. Italia mencatatkan penguasaan bola sebesar 62 persen dibanding timnas Inggris yang hanya 38 persen sepanjang 90 menit pertandingan berlangsung.

Namun, hingga waktu normal berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta. Dan laga pun berlanjut ke perpanjangan waktu. Dan hingga waktu perpanjangan pertandingan 2 x 15 menit papan skor juga tetap tidak berubah dan mau tidak mau juara Piala Eropa 2020 harus ditentukan lewat adu tendangan pinalti.

Pada babak tos-tosan, penendang pertama masing-masing tim yaitu Domenico Berardi dan Harry Kane sukses menjalankan tugasnya. Dan Andrea Belotti yang menjadi penendang kedua Italia gagal menjalankan tugasnya. Harry Maguire membawa Inggris memimpin 2-1 setelah berhasil mengecoh penjaga gawang Italia Donnarumma.

Penendang ketiga Italia Bonucci berhasil menggetarakan gawang Inggris yang dikawal Pickford dan skor pun berubah menjadi 2-2. Dan penendang ketiga Timnas Inggris Marcus Rashford gagal memsukkan bola setelah tendangannya membentur tiang gawang bawah Timnas Inggris. 

Dan Federico Bernardeschi membuat Italia berbalik memimpin 3-2 setelah dapat berhasil mencetak gol. Sedangkan penjaga gawang Italia Donnarumma berhasil menepis tendangan penalti pemain Inggris Jadon Sancho. Sedangkan Jorginho penendang kelima Italia gagal menjalankan tugasnya, namun penendang kelima Inggris Saka juga gagal melakukan tugasnya untuk membobol gawang Italia. Dan Italia pun keluar sebagai juara dengan kemenangan 3-2 lewat drama tendangan adu penalti.

Ini merupakan gelar Piala Eropa kedua bagi Italia setelah pada 1968 meraih juara. Italia mengakhiri penantian panjang selama 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di partai final. Sebelumnya, Italia gagal menjadi juara usai tumbang di final pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Mereka kalah di final dari Prancis 1-2 di Euro 2000 dan tumbang 0-4 dari Spanyol di Euro 2012.

Sementara untuk Inggris, kekalahan atas Italia membuat mereka mengubur mimpi meraih trofi Piala Eropa perdana sepanjang sejarah. Inggris juga masih harus melanjutkan puasa gelar di turnamen besar yang telah berlangsung selama 55 tahun sejak menjuarai Piala Dunia 1966. (btl)

Post a Comment

0 Comments