Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DPRD Banten Berharap Pemerintah Pusat Tetap Terima Guru CPNS

Ilustrasi, salah seorang guru honorer sedang 
mengajar dan murid menyimak dengan baik. 
(Foto: Istimewa/Tribun)  



 

NET - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten M. Nawa Said Dimyati berharap Pemerintah pusat tetap buka adanya formasi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) untuk posisi guru pada tahun 2021.

Hal itu terkait adanya pernyataan dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menyebutkan ada kemungkinan guru honorer tidak bisa menjadi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS).

“Pernyataan itu bisa mencederai hati para guru honorer. Mereka (guru honorer, red) pasti kecewa, mereka banyak yang bermimpi menjadi PNS,” ujar M. Nawa Said Dimyati kepada sejumlah wartawan di Kota Serang, Minggu (3/1/2021).

Nawa Said yang juga Politisi Partai Demokrat mengaku dengan tidak bisanya guru honorer menjadi PNS akan melemahkan semangat para tenaga pendidik.

Nawa berharap tidak dibukanya formasi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) untuk posisi guru tahun 2021 tidak terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

Bahkan, kata Nawa, jika Pemerintah pusat mempunyai rencana untuk tidak akan menerima guru dengan status CPNS, agar dipertimbangkan kembali.

“Semoga saja untuk tahun berikutnya dibuka kembali, karena kalau tidgak dibuka lagi, Pemerintah sama aja dengan memotong harapan atau cita-cita para guru yang mempunyai keinginan menjadi PNS,” tutur Nawa.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyatakan Pemerintah hanya berencana membuka 1 juta formasi guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021.

"Kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK. Jadi bukan (penerimaan) CPNS lagi. Ke depan mungkin kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja," ujar Bima Haria dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, (30/12/2020) yang dikutip beberapa media nasional. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments