Polisi Antisipasi Lonjakan Kedatangan Wisatawan Kepulauan Seribu

Baca Juga

Waka Polsek Kepulauan Seribu Utara
Iptu R. Kuswinarno memberikan arahan. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Dengan telah dibukanya kembali lokasi wisata pantai dan wisata alam di Kepulauan Seribu kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut meningkat. Sektor wisata yang menjadi andalan perekonomian warga Kepulauan Seribu mulai bergerak kembali pada masa transisi menuju penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal.

Polsek Kepulauan Seribu Utara dalam mengantisipasi lonjakan kedatangan wisatawan menempatkan personil pengamanan sekaligus personil pengawasan protokol kesehatan. "Di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara banyak terdapat lokasi lokasi wisata pantai dan lokasi wisata alam yang tersebar di pulau penduduk dan pulau pulau resort," ujar Wakil Kepala (Waka) Polsek Kepulauan Seribu Utara lptu R Kuswinarno, Senin (6/7/2020).

Wisata di pulau penduduk adalah lokasi wisata yang menjadi favorit kunjungan wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.  Dengan ramainya kunjungan wisata khususnya pada akhir pekan, diantisipasi kerawanan gangguan Kamtibmas dengan menempatkan personil Polsek, Polisi Subsektor dan Bhabinkamtibmas di dermaga pelabuhan dan lokasi wisata pantai yang ada di Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka.

"Dalam masa pandemi Covid-19 dan masa transisi new normal semua lokasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu tetap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi wisatawan yang berkunjung, seperti cek suhu badan, wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer yang sudah disiapkan dan jaga jarak," ucap Kuswinarno.

Kuswinarno mengungkapkan Personil Polsek yang ditempatkan di dermaga pelabuhan kedatangan atau keberangkatan wisatawan dan lokasi wisata yang ada selain bertugas melakukan pengamanan juga bertugas selaku pengawas protokol kesehatan.

"Terlihat instansi yang tergabung dalam kegiatan pengamanan dan pengawasan di dermaga dermaga pelabuhan dan lokasi wisata pantai/alam di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara antara lain Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polisi Subsektor, Bhabinkamtibmas Kelurahan, Koramil Kepulauan Seribu, Satpol-PP, Tim Gugus Tugas Aman Covid-19 Kepulauan Seribu," ungkap Waka Polsek.

Pengawasan protokol kesehatan yang dilakukan, kata Winarno, bersama dengan Koramil Kepulauan Seribu dan Satpol PP Kepulauan Seribu di lokasi lokasi tersebut di atas dilakukan dengan mengedepankan edukasi dan sosialisasi dengan cara humanis. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 menuju Kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif dan aman Covid-19. (dade)

Post a comment

0 Comments