Bupati Zaki Shalat Jumat Perdana Di Masjid Agung Al Amjad

Baca Juga

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar berada
di shaf pertama Shalat Jumat perdana.
(Foto: Istimewa)




NET - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dan Wakil Bupati H. Mad Romli mengikuti Shalat Jumat pertama di tengah pandemi Covid-19, di Masjid Agung Al-Amjad, Pusat Pemerintah Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Tigaraksa, Jumat (5/6/2020).

Setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengizinkan kembali Shalat Jumat maupun shalat berjamaah 5 waktu yang beberapa bulan diberhentikan sementara karena untuk memurtus mata rantai  penanganan dan pencegahan penyebaran coronavirus (Covi-19) di Kabupaten Tangerang. Namun saat ini Masjid Al-Amjad kembali diizinkan untuk melaksanakan Shalat Jumat pertama pada masa pandemi.

Di sela-sela Shalat Jumat, Bupati Zaki Iskandar mengatakan hari ini pelaksanaan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Al-Amjad yang pertama setelah pemberlakuan Pembataan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai akhir Maret sampai dengan awal Juni 2020 ini.

"Mudah-mudahan seluruh jamaah bisa mengikuti dan menaati protokol Covid-19 dan tentu saja yang penting harus disiplin agar pelaksanaannya nanti benar-benar bisa menjaga umat agar tidak terpapar corona virus," terangnya.

Bupati Zaki mengucapkan terima kasih kepada MUI (Majeli Ulama Indoneia) dan seluruh MUI maupun DMI (Dewan Masjid Indonesia) di kecamatan yang sudah ikut serta bergotong-royong memberikan pendidikan dan informasi kepada masyarakat terhadap pelaksanaan salat berjamaah di Kabupaten Tangerang.

"Saya berpesan agar pola hidup baru di masjid ini bisa benar-benar diikuti dengan disiplin untuk menjaga kesehatan jamaah masing-masing," pesannya.

Ke depan, kata Zaki, mudah-mudahan pelaksanaan shalat bisa diikuti oleh masjid yang lain dan sarana dan prasarana di Al Amjad nanti akan ditambah untuk menampung lebih banyak lagi jamaah.

Di tempat terpisah, Sekretaris Darerah (Sekda) Kabupaten Tangerang mengikuti Shalat Jumat di Masjid Al Mujahidin Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, sedangkan beberap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretaris OPD juga diperintahkan untuk mengikuti Shalat Jumat di masjid yang tersebar di Kabupaten Tangerang untuk memantau pelaksanaan Sholat Jumat dengan protokol Covid-19.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH Ues Nawawi mengatakan sangat mengapresiasi atas kebijakan Pemerintah Kabupaten Tangerang terutama Bupati Tangerang yang lebih mendahulukan membuka masjid dan mushola selain tempat keramaian lain.

"Tentu persiapan untuk pembukaan perdana Shalat Jumat setelah pandemi, pemerintah daerah selalu memberikan dukungan dan seminggu yang lalu telah diadakan simulasi bagaimana shalat berjamaah di dalam suasana Covid-19 menggunakan protokol kesehatan. Oleh karenanya persiapan kami, Alhamdulillah cukup baik," ucap Ues.

Ues mengatakan pelaksanaan Shalat Jumat di tengah pandemi dengan menjaga jarak sudah sesuai dengan tuntunan syariat yang ada, dan tidak menyalahi fiqih karena dalam situasi pandemi saat ini.

"Kemudian pengaturan shaf shalat dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan tentang jaraknya. Tentu disesuaikan dengan fiqihnya dan insya Allah sudah sesuai syariat Islam," tutur Ketua MUI. (*/pur)

Post a comment

0 Comments