Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Makin Meningkat Penerbangan Repatriasi WNI Di Bandara Soetta

Setiap penumpang datang diperiksa secara
ketat sesuai protokol kesehatan Covid-19.
(Foto: Istimewa) 


NET - Jumlah penerbangan repatriasi WNI (Warga Negara Indonesia) semakin meningkat di Bandara Internasional Soekano-Hatta, Kota Tangerang.

Berdasar catatan, pada Minggu (10/5/2020), sekitar 1.000 WNI tiba di Terminal 3 Soekarno-Hatta dengan penerbangan repatriasi. Sementara pada Kamis (7/5/2020), penumpang yang tiba dengan penerbangan repatriasi sekitar 600 WNI.

Senior Manager Branch Communications dan Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga, Senin (11/5/2020) mengatakan jumlah penumpang tersebut meningkat dibandingkan dengan rata-rata 1-2 minggu sebelumnya yakni sekitar 300 - 400 WNI per hari yang tiba dengan penerbangan repatriasi.

“Total, WNI yang tiba di Soekarno-Hatta dengan penerbangan repatriasi hingga kini sudah mencapai lebih dari 25.000 orang yakni lebih dari 15.000 adalah PMI (Pekerja Migran Indonesia-red),” ungkap Febri Toga.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta dalam telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat terhadap penumpang pesawat khususnya yang tiba dari luar negeri. Yakni: melakukan wawancara; pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19; pemeriksaan saturasi oksigen; dan pemeriksaan rapid test dan/atau PCR. Bagi WNI atau WNA yang memiliki sertifikat menyatakan bebas Covid-19 dapat menunjukkan sertifikat tersebut kepada personel KKP untuk penanganan lebih lanjut. Secara detail, protokol kesehatan yang dijalankan di pintu masuk Indonesia terdapat di dalam Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020.

Febri Toga mengatakan hingga 31 Mei 2020 diperkirakan akan ada tambahan berkisar 7.500 – 10.000 WNI yang tiba dengan penerbangan repatriasi.

Sejalan dengan semakin meningkatnya penerbangan repatriasi WNI, Febri Toga mengatakan stakeholder di Soekarno-Hatta melakukan peningkatan di berbagai aspek guna mendukung KKP tetap dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu peningkatan guna menjaga agar protokol kesehatan tetap dijalankan ketat antara lain diterapkannya konsep layanan first in, first out (FIFO) bagi penerbangan repatriasi yang baru mendarat.

Dengan konsep FIFO, imbuh Febri, maka penumpang repatriasi yang lebih awal mendarat akan langsung turun dari pesawat untuk menjalani protokol kesehatan serta memproses kedatangan. Sementara itu, penumpang yang tiba belakangan akan turun dari pesawat dan diarahkan terlebih dahulu menuju holding room sebelum memproses kedatangan.

"Konsep FIFO ini sudah dijalankan dan terbukti efektif karena hari Minggu, 10 Mei 2020, protokol kesehatan dan kedatangan dapat dijalankan lancar meskipun sekitar 1.000 WNI dengan penerbangan repatriasi tiba hampir bersamaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta," ujar Febri Toga.

Menurut Febri, di titik antrean guna menjalani protokol kesehatan kini juga disediakan kursi bagi penumpang dengan tetap memperhatikan physical distancing.

"Penerapan FIFO dan penggunaan kursi di titik antrean ini merupakan upaya Soekarno-Hatta dalam melakukan pola pengaturan sehingga physical distancing tetap terjaga," tutur Febri Toga.

Sementara itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta menambah jumlah personel agar optimal dalam menjalankan protokol kesehatan terhadap penumpang yang baru tiba.

Kepala KKP Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf menuturkan jumlah personel terus ditambah guna dapat melakukan penanganan secara maksimal.

"Mulai Senin, 11 Mei 2020, jumlah personel KKP yang bertugas di Soekarno-Hatta baik itu di Terminal 2, Terminal 3 dan di UGD Kantor Induk berjumlah total 48 orang per shift. Pada Jumat, 15 Mei 2020, akan kembali ditambah 12 orang per shift sehingga total 60 orang dalam satu shift,” ujar Anas Ma'ruf.

Anas Ma’ruf menuturkan personel sebanyak 15 personel Medical Service Assistance (MSA) PT Angkasa Pura II juga diperbantukan mendukung KKP di Soekarno-Hatta.

Adapun protokol kesehatan dijalankan secara ketat oleh KKP di Soekarno-Hatta di kedatangan International. Pada periode April - Mei 2020 sudah terdeteksi lebih dari 40 penumpang penerbangan repatriasi WNI yang memiliki hasil rapid test reaktif terhadap Covid-19. Penumpang tersebut kemudian mendapat penanganan lebih lanjut di RS (Rumah Sakit-red) rujukan di antaranya RS Darurat Wisma Atlet.  (*/pur)

Post a Comment

0 Comments