Nyai Sanah Paku Jaya, Gelar Tradisi Grebeg Maulud

Baca Juga

Suasana Grebek Mulud di rumah Nyyai Sanah.
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.com) 



NET -  Sebuah tradisi kearifan lokal yang dibalut nuansa religius dalam rangka menyambut kelahiran manusia Agung yang sempurna Baginda Rasul Nabi Besar Muhammad SAW, ternyata masih dapat dijumpai saat ini dipantau oleh TangerangNET.Com pada Rabu (13/11/2019) sore.

Hal itu berlangsung di kediaman Nyai Sanah, warga RT 004 RW 022, Kampung Kayu Gede 2, Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Nyai Sanah, 73, orang tua dari pasangan Bang Kodar dan Yanti, 33, mengatakan kegiatan "Grebeg Maulud" merupakan kegiatan tradisi rutin turun temurun yang dilakukan sejak lama oleh almarhum orang tuanya.

"Grebeg Maulud ini merupakan bentuk rasa syukur saya dan keluarga yang diwariskan oleh almarhum bapak dalam rangka mensyukuri atas kelahiran Rasulullah SAW. Nabinya umat Islam yang Agung dan Mulia, yang membawa cahaya terang benderang kepada umat manusia saat dulu jaman Jahiliyah di kota suci Makkah dan Madinah," tutur Nyai Sanah.

Nyai Sanah menjelaskan kegiatan Grebeg Maulud tersebut berupa pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an dan sholawat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW dan diakhiri sebagai rasa syukur kepada Alloh SWT dengan menyantap hidangan makanan khas Betawi seperti sayur ketupat, ikan bandeng  semur, ayam Kampung Begana dan masakan khas Betawi lainnya dan juga buah-buahan bersama para tetangga dekatnya. 

"Semoga Grebeg Maulud ini akan membawa hikmah dan keberkahan dunia akhirat kepada siapa saja yang mensyukuri dan bergembira atas kelahiran Baginda Nabi Rasulullah SAW," tandasnya. (btl)

Post a Comment

0 Comments