"Jempol SiAbang", Beri Layanan Jemput Bola Perijinan Bangunan Rumah Tinggal

Baca Juga

Warga yang datang di Lapangan PLN 
Kelurahan Pondok Karya, mendapat 
pelayanan IMB dari petugas DPMPTSP.
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com) 




NET -  Masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum sepenuhnya mengetahui, jika ternyata mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bisa dilakukan dengan mudah secara online.

Bahkan sekalipun memahami kemudahan itu, banyak pula di antara mereka yang tak memiliki waktu luang guna datang mengurusnya ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel di Jalan Kencana, Lengkong Karya, Serpong Utara (sebelah perumahan Melati Mas Residence).

Kondisi demikian, berimbas pada keengganan masyarakat untuk melengkapi perizinannya terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan rumah tinggal. Padahal dari data yang ada, kegiatan pemanfaatan lahan di Tangsel didominasi untuk kegiatan perumahan hampir sekitar 70 persen. Hal ini tentunya suatu tantangan tersendiri dalam penyediaan pelayanan perizinan yang prima di Kota Tangerang Selatan. 

Menjawab tantangan itu, pada Sabtu (19/10/2019) pagi, di Komplek Perusahaan Listrik Negara (PLN), Gang Musholah, RT 001 RW 003, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, petugas DPMPTSP Kota Tangsel meluncurkan launching layanan jemput bola Perizinan Bangunan (Jempol Si Abang ).

Layanan jemput bola perijinan bangunan tersebut dilakukan guna memaksimalkan segala upaya untuk mendorong kesadaran masyarakat mau mengurus IMB rumah tinggal. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan layanan jemput bola, petugas akan mendatangi langsung pemohon dengan memberikan beragam layanan terpadu.

“Layanan Jempol Siabang merupakan salah satu layanan baru kami berupa layanan jemput bola kepada masyarakat. Layanan ini sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan pemahaman pelayanan secara online, keterbatasan akses terhadap jasa arsitek, dan kebutuhan layanan ijin yang cepat dan mudah dijangkau,” terang Kepala DPMPTSP Kota Tangsel Bambang Noertjahjo.

Oleh karena itu, kata Bambang, strategi layanan jemput bola akan dilakukan dengan menyediakan layanan terpadu mulai dari pendampingan pendaftaran online, penggambaran bangunan gratis, serta pengecekan teknis di lokasi objek bangunan yang dimohon.

Menurut Bambang Noertjahjo, Jempol Siabang merupakan inovasi terbaru dari DPMPTSP Kota Tangsel Tahun 2019. Layanan ini menargetkan masyarakat kalangan menengah ke bawah yang tinggal di luar area perumahan, yang memiliki keterbatasan pemahaman pelayanan secara online. Keterbatasan akses atas jasa arsitek, serta kebutuhan layanan ijin yang cepat, murah dan mudah dijangkau. 

Dan beberapa keunggulan yang didapat dari layanan Jempol Siabang, kata Bambang, antara lain; pelayanan pada hari libur. Petugas DPMPTSP datang langsung ke lokasi pemohon. Gratis pendampingan akses layanan pendaftaran izin bangunan. Gratis pembuatan gambar bangunan rumah tinggal sederhana. Waktu pelayanan lebih singkat, karena pengecekan langsung ke lokasi pada hari yang sama. Petugas memberikan edukasi perizinan. Serba gratis tanpa dipungut biaya apapun.

"Pemberian layanan Jempol Siabang sifatnya berkelompok, dimana pengajuan objek ijinnya berada di lokasi yang berdekatan," jelas Bambang.

Kini pemerintah pusat maupun daerah sangat serius membenahi proses perijinan. Bahkan pemerintah menyatakan, perbaikan sektor pelayanan publik menjadi prioritas dalam berbagai kebijakan. Sehingga secara umum, dapat memberikan dampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi. (btl)


Post a Comment

0 Comments