Bulan Bahasa SMAN 12 Kota Tangsel, Lestarikan Budaya Bangsa

Baca Juga

HM Syamsudin (kanan) saat
dilaksanakan bulan bahasa.
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com)


NET - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 12 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) , Jum'at (25/10/2019) menggelar kegiatan "Panggung Literasi Bulan Bahasa 2019" yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba antar siswa dan siswi SMAN 12 se-Kota Tangsel.

Kepala SMA Negeri 12 Kota Tangsel HM Syamsudin HS MP.d, mengatakan bulan bahasa merupakan bulan dimana setiap orang dapat mengekpresikan bakatnya, terutama dalam bidang sastra yang bertujuan untuk lebih mencintai budaya sendiri, yaitu budaya Indonesia. Dengan memperingati bulan bahasa setiap tahun, diharapkan agar rasa nasionalisme dapat terus terjaga dalam jiwa dan lubuk hati setiap siswa.

"Bulan Oktober sudah ditetapkan sebagai bulan bahasa oleh mantan presiden Soeharto. Sebab pada bulan Oktober atau tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, merupakan tonggak sejarah lahirnya Sumpah Pemuda dengan menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia," terangnya.

Ditambahkan oleh HM. Syamsudin, meski momentum semangat bulan bahasa tersebut hanya dilakukan setahun sekali, namun hal tersebut mengandung makna negeri ini memiliki kepedulian terhadap budaya bangsa, khususnya bahasa Indonesia.

"Salah satu dasar pentingnya diperingati bulan bahasa adalah, agar masyarakat mengetahui dan mengerti tentang budaya bangsa Indonesia. Dan bagi para pelajar, khususnya di SMAN 12 Kota Tangsel, agar dapat ikut melestarikan budaya bangsa, terutama dalam penerapan berbahasa Indonesia, agar budaya kita akan selalu ada dan menjadi lebih baik," ungkap Syamsudin.

Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Robbyi selaku Ketua Panitia acara kegiatan peringatan hari bulan bahasa mengatakan melalui penyatuan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia, maka para Pemuda pada 28 Oktober 1928 telah berhasil menyatukan berbagai perbedaan suku, ras, dan agama menjadi satu kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Melalui peringatan bulan bahasa tahun 2019 ini, marilah kita tingkatkan dan gelorakan semangat untuk Literasi (membaca) di kalangan anak muda dan para pelajar. Karena ciri sebuah bangsa yang maju adalah masyarakatnya gemar dengan Literasi yang akan menjadi tinggi nilai peradabnnya," pungkasnya. (btl)

Post a Comment

0 Comments