Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur WH: Jalan Membelah Hutan Gunung Halimun Salak Dibangun

Warga banyak berkunjung ke Kawasan Wisata
Negeri Di Atas Awan, jalan masih tanah.
(Foto: Istimewa)



NET - Sebagai upaya implementasi atas komitmen Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang tertuang dalam visi misi dan RPJMD terkait peningkatan kualitas infrastruktur jalan, pada tahun ini Gubernur membangun ruas jalan Cipanas-Warung Banten yang sebelumnya rusak dan berbatu. Ruas tersebut dibangun karena selain menjadi akses jalan antar kabupaten dan kota di Banten yakni Serang, Lebak, dan Tangerang, ruas tersebut juga menjadi akses jalan antar provinsi yakni DKI Jakarta dan Bogor, Jawa Barat.

"Bukan hanya membuka akses jalan masyarakat antar-kabupaten dan kota, provinsi, jalur ini juga dijadikan sebagai akses menuju kawasan Wisata Negeri Di Atas Awan yang berada di Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak, kini tengah digandrungi masyarakat sebagai destinasi wisata alam," ungkap Gubernur Banten pada Minggu (21/7/2019).

Gubernur menjelaskan ruas Jalan Cipanas- Warung Banten sebelumnya merupakan jalan milik PT Aneka Tambang (Antam) yang berlokasi di Cikotok. Sekitar penghujung 2015 silam, PT Antam tidak lagi beroperasi dan kemudian asetnya diserahkan ke Pemerintah Provinsi Banten. Kawasan yang berada  di bawah kaki gunung Halimun Salak ini, sebelumnya sempat dibangun pada saat jaman penjajahan.

"Pasca tambang PT Antam kemudian asetnya (fasum) diserahkan ke provinsi di antaranya Jalan Ruas Cipanas -Warungbanten, termasuk kantor Antam Cikotok diserahkan ke SMKN 1 Cikotok," tuturnya.

Sebelum diserahkan ke provinsi, kata Gubernur, jalan yang membelah hutan Gunung Halimun Salak ini memang masih berbatu. Namun sejak dilimpahkan ke provinsi, kini mulai ada pemeliharaan hingga tahun ini ada betonisasi.

Papan proyek rencana pembangunan jalan tersebut.
(Foto: Istimewa)


"Bisa memudahkan akses warga Lebak Selatan jika ingin bepergian ke Rangkasbitung yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Lebak. Juga wilayah lainnya seperti ke Serang termasuk ke Tangerang dan Jakarta lebih mudah. Bahkan daerah ini dekat ke Kabupaten Bogor," paparnya.

Gubernur berharap dengan adanya pembangunan ini dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara ekonomi dan sosial. Bahkan Gubernur berharap pembangunan ruas jalan tersebut dapat menciptakan peradaban baru bagi masyarakat Kabupaten Lebak pada pengembangan kawasan wisata alam yang mempesona dan menarik banyak mata masyarakat luar Banten.

"Baduy juga dikenal dengan konsistensinya dalam menjaga alam dan lingkungan, saya harap semangat itu juga tumbuh di sekitar kawasan wisata Negeri Di Atas Awan," imbuh Gubernur. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments