Gubernur Masih Temukan Pungli Di Kawasan Banten Lama

Baca Juga

Kawasan Banten Lama; perlu homestay. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Meskipun sejumlah kalangan mengakui hasil pembangunan Kawasan Banten Lama telah banyak dapat dinikmati para pengunjung, tapi tidak berarti telah  membuat Gubernur Banten H. Wahidin Halim merasa puas dan senang.

“Masih banyak yang harus segera diselesaikan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengelola kegiatan revitalisasi Banten Lama.  Banyak hal yang harus segera disempurnakan khususnya konsep kawasan agar lebih imajinatif dan mempunyai visi ke depan,” tutur Gubernur Banten.

Hal itu disampaikan Gubernur Banten saat memimpin Rapat Evaluasi terbatas dengan para OPD yang memiliki tugas dalam mengembangkan kawasan Banten Lama, Selasa (9/4/2019), di Pendopo Gubernuran Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B), Curug, Kota Serang.

"Saya masih menemukan pelaku pungutan liar jika masuk ke kawasan Banten Lama,” ungkap Gubernur.
Beberapa hal yang harus segera diselesaikan, kata Wahidin, di antaranya meliputi aspek keamanan, kebersihan, pengelolaan parker, dan akses masuk ke Kawasan Banten Lama harus menjadi perhatian utama seluruh OPD yang bertanggung jawab akan hal itu.

"Hitung segera kebutuhan tenaga keamanan, tenaga kebersihan, juru parkir, trantib, dan pemeliharaan Kawasan Banten Lama. Pakai seragam yang khas dan buat pengunjung jadi nyaman," tutur Gubernur.

Kalau kemaren Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sudah punya konsep dalam pembangunan revitalisasi Banten Lama. “Sekarang, saya instruksikan agar punya daya imajinasi yang kuat untuk konsep ke masa depan. Bukan terus berkutat di urusan yang sama dan mundur ke belakang,"  ucap Gubernur menegaskan.

Gubernur menekankan agar perekrutan tenaga kerja diprioritaskan untuk warga sekitar Kawasan Banten Lama agar program revitalisasi Kawasan Banten Lama berdampak dan dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan. Tapi, sebelumnya agar diberikan pelatihan pelayanan publik supaya dapat membantu pengunjung dalam memberikan informasi terkait dengan Kawasan Peninggalan Kesultanan Banten.

Jika pengembangan destinasi wisata religi Banten Lama, kata Wahidin, pemikiran ke depan dalam pengembangan wisata religi Kawasan Banten Lama adalah meningkatkan amenitas dan aksesibilitas untuk menjadikan Kawasan Banten Lama sebagai destinasi unggulan wisata religi bertaraf internasional. Mulai bisa ajak investor untuk bangun homestay guna meningkatkan fasilitas akomodasi pengunjung kawasan Peninggalan Kesultanan Banten.

“Potensi ekonomi di Kawasan Banten Lama sangat menjanjikan. Konsep pengembangan ekonomi masyarakat perlu diarahkan pada pengembangan kawasan wisata khusus,” ujar Wahidin.

Infrastruktur akses jalan ke Banten Lama, kata Gubernur,  akan terus ditingkatkan mulai dari akses masuk gerbang tol hingga ke wilayah Banten Lama. Demikian juga akses ke seluruh destinasi wisata yang ada di wilayah Provinsi Banten.

"Semua sudah dapat dirasakan masyarakat, dan Pemprov Banten akan terus melakukan peningkatan," pungkas Gubernur. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments