Bendungan Batu Belah, Bogor, Kirim Air Tangerang Raya Terendam

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dengan
menumpang perahu karet meninjau lokasi banjir.
(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com)



NET - Beberapa wilayah di Tangerang Raya, seperti Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang, Jumat (26/4/201) dilanda banjir  hinggga ketinggian air mencapai 1,7 meter, karena luapan air Sungai Cisadane yang mendapat kiriman air dari Bogor, Jawa Barat.

Di Kota Tangerang, terdapat sembilan titik yang tergenang banjir. Dari sembilan titik itu berada di empat kecamatan, seperti Kecamatan Neglasari: Karawaci, Cibodas, dan Pinang.

"Banjir yang melanda empat kecamatan di  Kota Tangerang ini, karena meluapnya air di Bendungan Batu Belah, Bogor," ujar Walikota Tangerang Arief R Wismanysah yang langsung turun ke lapangan untuk mengecek kondisi banjir di wilayahnya, Jumat (26/4/2019) .

Guna mengurangi debit air Sungai Cisadane, Arief membuka enam pintu air di Bendungan Pintu Air 10, Kota Tangerang,  sehingga lambat laun ketinggian air di Sungai Cisadane terus menurun.  "Alhamdulillah air sudah mulai surut. Dan warga dibantu petugas dari  Dinas PUPR, kelurahan, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah-red), mulai membersihkan lingkungannya dari sisa banjir,'' ucap Walikota.

Adapun warga yang rumahnya terendam bajir dari ketinggian air 30 Cm -1,7 meter tercatat sebanyak 781 kepala keluarga. Dan daerah yang paling parah terandam banjir di Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Pinang. "Di daerah ini ketinggian air mencapai 1,7 meter. Dan Akhamdulillah mulai surut,''  tutur Walikota.

Begitu pula yang terjadi di Kota Tangerang Selatan. Banjir dengan ketinggian air 1 meter lebih menggenangi beberapa kampung di Kelurahan Kademanggan,  Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, seperti  Kampung Koceak, Kampung Sengkol, dan Perumahan Pesona Serpong.


Restaurant Istana Nelayan di Jalan MH Thamrin,
Kebon Nanas, ikut terendam banjir terpaksa
tutup dan tidak bisa melayani pelanggan.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com) 


Kepala BPBD Kota Tangsel Chaerudin menyebutkan kawasan tersebut terendam banjir, karena air Sungai Cisadane meluap lantaran mendapat kiriman air bah dari bendungan Batu Belah, Bogor.

Samahalnya dengan warga di Kelurahan  Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Ratusan warga yang tinggal di beberapa kampung kelurahan tersebut tergenang air hingga ketinggian 1 meter lebih karena meluapnya Sungai Cisadane.

Akibat kejadian itu, ribuan warga di Tangerang Raya mulai bersih-bersih, karena tempat tinggalnya dipenuhi lumpur air Sungai Cisadane. Seperti yang dilakukan oleh warga di Perumahan Pesona Serpong, RT1, 2 dan 3 RW 08, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. "Banjir mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 01.00 WIB, dengan ketinggian mencapai 1,5 meter," kata  Euis, warga RT 01 RW 08 perumahan tersebut

Namun, kata dia, menjelang siang hari, air surut, sehingga  warga bisa langsung bersih-bersih. "Biasanya, meskipun hujan turun tidak pernah banjir seperti ini,” tutur Uis.  (man)


Post a Comment

0 Comments