Tangerang Smart City Partnership, Kolaborasi Membangun Negeri

Baca Juga

Aplikasi yang ditawarkan kepada warga
oleh Pemerintah Kota Tangerang.
(Foto: Pemerintah Kota Tangerang) 


KEBERHASILAN  penerapan Smart City yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang menarik perhatian Pemerintah daerah lainnya untuk mengadopsinya. Tercatat 30 Pemerintah daerah telah menandatangani  kerjasama untuk mengadopsi pemanfaatan Smart City milik Kota Tangerang di daerahnya masing-masing.

   Hal ini sebagai tindak lanjut dari Tangerang Smart City Partnership yang digaungkan Pemkot Tangerang sejak tahun 2016. Kerjasama bukan persaingan begitu konsep yang dikedepankan. Sebab, Smart City bertujuan untuk mempermudah, bukan mempersulit.

   Perlu adanya sinergi antar Pemda dalam mempermudah pelayanan dan juga integrasi transportasi sehingga berbagai permasalahan kota dapat terselesaikan. Sebab, era sudah berubah kepada saling kerjasama, bukan lagi berkompetisi.

  Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, Pemkot Tangerang dengan semangat kolaborasi untuk bersama membangun negeri, mempersilahkan bagi Pemda lain yang ingin menggunakan beragam aplikasi milik Kota Tangerang untuk diadopsi oleh daerah lain.

   "Aplikasi kami sudah siap pakai dan dimanfaatkan oleh Pemerintah daerah lain," ujar Walikota.

   Menurutnya, pemanfaatan aplikasi Smart City oleh daerah lain bisa dilakukan dengan tanpa memerlukan biaya. Agar semakin memudahkan maka Pemkot Tangerang turut memberikan pendampingan kepada daerah lain yang mengadopsi aplikasi Smart City.

   "Kerjasama dengan daerah lain ini dalam rangka mengembangkan Smart City sebagai perangkat atau media yang dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah khususnya dalam pelayanan publik. Tentunya juga agar masyarakat dapat dimudahkan dan secara internal proses birokrasi menjadi mudah," ucapnya.

    Sinergisitas yang berhasil dilakukan Pemkot Tangerang dengan daerah lainnya atau instansi, telah mendorong kreatifitas dan inovasi yang memberikan hal positif. Pemkot tangerang pun berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat Nasional hingga Internasional.

   Penghargaan tersebut diantaranya adalah Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 terkait mengkampanyekan gerakan Daerah pintar di Indonesia. 

Kota Tangerang meraih penghargaan kategori Smart Branding dimana Kota Tangerang sudah dapat mempromosikan daerahnya dengan pengembangan Smart City, mengingat Kota Tangerang telah masuk dalam Gerakan 100 Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.
Pemerintah Daerah Adopsi Smart City : 30 Pemda

Aplikasi yang Dominan Diadopsi :
-Sikda
-Laksa
-e-Gov
-e-Office
-Segar
-Siap Kerja
-Sigap (Adv)

Post a Comment

0 Comments