Belum Diperbaiki, JPO Nyaris Ambruk Ditabrak Truk

Baca Juga

Seorang pelajar melintas di JPO menerobos 
police line karena tidak ada alternatif baru. 
(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com) 


NET - Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di atas Jalan Tol Tangerang-Merak Km 23,200, yang nyaris ambruk karena ditabrak bak truk pada Senin (14/1/2019) lalu, hingga Rabu (23/1/2019) belum diperbaiki. Akibatnya, sangat membahayakan keselamatanbagi masyarakat sekitar yang melintas di JPO tersebut.

Hal itu terjadi , karena JPO yang menghubungkan antara Perumahan Harapan Kita  dan kawasan Lippo Karawaci di Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, merupakan jalan alternative bagi warga.

Berdasarkan pemantauan di lapangan yang kerap melintas di JPO itu adalah siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Bencongan, Kabupaten Tangerang. Mereka menerobos  palang besi dan police line yang dipasang di kedua ujung JPO,  agar cepat sampai ke sekolah atau rumah.

" Ya, kalau harus melaluii  jalan biasa di jembatan Harkit (Harapan Kita) terlalu jauh. Makanya tiap hari, kami menerobos palang itu untuk bisa melalui JPO," tutur Icha dan beberapa orang temannya yang kerap melintas di JPO untuk cepat sampai di sekolah atau rumahnya di belakang Rumah Sakit Siloam, Karawaci.

Senada pula dengan Adi. Ia kerap melintas di JPO karena jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang lebih cepat dilalui. ''Sebenarnya ngeri. Tapi daripada mutar di jalan umum, jauh," kata dia.

Karenan itu, Adi maupun warga lainnya meminta kepada pihak terkait agar segera memperbaiki JPO teesebut. Mengingat JPO itu adalah jalan alternatif yang sudah puluhan tahun dilalui warga.

Menyikapi tuntutan warga, Pemerintah Kabupaten Tangerang mendesak kepada PT Jasa Marga (Persero) Tbk, agar segera memperbaiki Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang nyaris ambruk lantaran ditabrak oleh truk kontainer yang melewati Jalan Tol Jakarta-Merak.

Pasalnya, JPO yang menghubungkan antara Perum Harapan kita ke Kawasan Lippo Karawaci di Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabuparen Tangerang itu, satu-satunya  jalan alternatif warga. "Kami minta PT Jasa Marga segera memperbaiki  JPO secara permanen," ucap Sekretaris Daerah ( Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid.

Karena, kata dia, kebijakan perbaikan fasilitas yang ada di atas jalan tol itu merupakan kewajiban mereka. '' Yang jelas, kami minta agar JPO itu  segera diperbaiki. Karena JPO itu satu-satunya jalan alternatif warga," ujar Maesyal.

Sementara itu, pihak PT Jasa Marga mengatakan perbaikan jalan itu masih dalam proses analisa. “Kami akan segera memperbaiki JPO itu secara permanen,'' ucap dia sesaat peristiwa itu terjadi.

Namun hingga kini pelaksanaan perbaikan itu belum ada. Dan kondisi JPO  yang retak dan nyaris ambruk hanya ditopang dengan besi baja. (man)

Post a Comment

0 Comments