Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bandara Kini Punya Markas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin memotong   
untaian kembang dengan kampak tanda peresmian. 
(Foto: Istimewa)  

NET - Guna meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa kebakaran di sisi darat, PT Angkasa Pura II (Persero) melalui kantor utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini memiliki gedung domestic fire station.

Operation and Service Executive Manager Bandara Soekarno-Hatta Djody Prasetyo mengatakan gedung yang dibangun khusus untuk melindungi  seluruh bangunan yang ada di Bandara Soekarno-Hatta tersebut, terletak persis di lokasi strategis yang dapat menjangkau seluruh area dengan respons time mengikuti standar pemerintah daerah.

Djody Prasetyo menjelaskan main fire station  atau markas pertolongan kecelakaan penerbangan
 dan pemadam kebakaran (PKP-PK) yang berada di sisi udara memiliki peruntukan untuk melindungi berbagai peristiwa yang ada di lapangan terbang.

“Agar tidak mengurangi pelayanan terhadap aircraft crash, kami membangun  domestic fire yang peruntukannya berbeda, yakni lebih kepada melindungi kawasan bandara di sisi darat,” tutur Djody, seusai meresmikan domestic fire station, Jumat (16/3/2018).   

Djody menuturkan sama halnya dengan main fire station, di domestic fire pun didukung dengan peralatan komunikasi yang digunakan dalam kegiatan penanggulangan keadaan gawat darurat, seperti radio trunking system, handy talky, telephone dan crash bell.

Domestic fire, kata Djodi,  didukung empat armada kendaraan yang masing-masing di antaranya  memiliki spesifikasi yang berbeda. Dua di antaranya memiliki kemampuan untuk menampung air berkapasitas 5.000 liter dan 500 liter foam.  Dua lainnya memiliki kemampuan dapat menampung 8.000 liter air dan 500 liter foam.

“Dengan jumlah personel yang memadai, kami  menempatkan personel domestic fire di setiap terminal dan kargo untuk melakukan pemadaman tingkat awal. Hal ini, kami lakukan untuk membantu petugas pemadam dari pemerintah daerah pada saat terjadi kebakaran di sekitar bandara. Menyusul dalam waktu dekat ini, satu station yang baru juga sudah siap dioperasikan,”tuntas Djody.

Dengan hadirnya domestic fire station di Bandara Soekarno-Hatta, ini merupakan fire station pertama di Bandara Indonesia. Tentunya ini melengkapi  fasilitas dalam  mendukung kegiatan keselamatan penerbangan khususnya di sisi darat bandara, kata Djody. (rls)


Post a Comment

0 Comments