Tarif PSC Naik, Penumpang Bandara Soetta Mengeluh

Baca Juga

Antrean penumpang di BSH beberapa waktu lalu.
(Foto: Dokumentasi TangerangNET.Com)  
NET - Akan dinaikannya tarif passenger service charge (PSC) di Bandara Soekarno Hatta (BSH) mulai pada Jumat, (1/4/2016) dikeluhkan oleh para pengguna jasa penerbangan di bandara internasional tersebut.

Pasalnya, mereka menilai selama ini fasilitas  yang diberikan oleh pihak BSH belum mampu memberikan kenyamanan kepada setiap  pengguna jasa yang ada di bandara tersebut.

"Seharusnya sebelum meningkatkan tarif PSC, pihak PT Angkasa Pura (AP-II), selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta meningkatkan pelayanannya terlebih dahulu," ujar Febiyanto, salah satu penguna jasa penerbangan di BSH, Kamis (31/3/2016).

Jangan sampai, tambahnya,  baru sekadar rencana untuk meningkatkan pelayanan, tarifnya langsung dinaikkan. "Buktikan dulu dong," tutur febiyanto. Apalagi, tambah dia, listrik di BSH masih sering padam, sehingga mengganggu adanya jadwal penerbangan.

Senada pula dengan Ny. Maula, penumpang Lion Air rute Jakarta --Solo. Ibu rumah tangga itu mengatakan  fasilitas kursi di loby penumpang sangat minim, sehingga masih banyak yang  duduk di lantai atau tas  mereka hingga menunggu waktu chek in.

Begitu juga dengan kondisi toilet yang masih buruk dan banyaknya terjadi kejahatan di Bandara itu. "Ini dulu benahi, setelah oke baru naikkan PSC-nya," ucap Ny. Maula menyarankan.

Sementara itu, Faik Fahmi, Direktur Komersial dan Bisnis Devolopmen PT AP-II mengatakan kenaikan PSC yang akan diberlakukan sejak pada 1 April 2016 ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa penerbangan di BSH.

Namun demikian, Faik Fahmi mengaku belum bisa menjamin aliran listrik di BSH akan mengalami gangguan seperti beberapa waktu lalu. "Kalau masalah ini, tetap akan kami upayakan agar tidak terulang lagi," ujar Fahmi berjanji.

Ada pun beberapa fasilitas yang akan ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa penerbangan itu adalah penambahan 1.300 kursi di ruang loby dan  air conditions (AC). Dengan demikian,  para calon penumpang yang menunggu jadwal penerbangan tidak kepanasan.

Sebagaimana diketahui,  kenaikkan tarif PSC akan diberlakukan pada tujuh bandara yang ada dibawah naungan PT AP-II, seperti Bandara Soekarno Hatta, Halim Perdana Kusuma, Pontianak, Palembang, Padang, Aceh, dan Silangi. 

Sedangkan di Bandara Soekarno Hatta  yaitu, Terminal 1 domestik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu, Terminal 2 domestik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu, Terminal 3 domestik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu. Sementara, Terminal 2 dan 3 internasional tetap pada harga Rp 150.000. Sedangkan tarif PSC Terminal 3 Ultimate internasional nantinya akan dibandrol Rp 200 ribu. (man)

Post a Comment

0 Comments