Pemkab Tangerang Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Baca Juga

Sapi kurban yang dijual-belikan harus sehat.
(Foto: Istimewa)  
NET – Guna mengantisipasi adanya perdagangan hewan kurban yang tidak sehat menjelang hari raya Idul Adha pada 24 September 2015 mendatang, Pemerintah  Kabupaten Tangerang, Jumat (18/9/2015) melakukan pemeriksaan kesehatan  hewan kurban yang tersebar di beberapa titik  di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Kami melakukan pemeriksaan atas kesehatan hewan-hewan kurban ini untuk mengantisipasi adanya perdagangan hewan yang tidak sehat kepada  masyarakat," ujar Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kabupaten Tangerang Endang Kosasih di sela-sela pemeriksaan kesehatan hewan kurban itu  di  Kampung Samprok, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Karenanya, kata dia, selain melakukan pemeriksaan secara langsung, pihaknya juga telah menerjunkan tim pemantau hewan kurban yang disebar di setiap kecamatan  di Kabupaten.

"Tim ini, kami sebar di 29 kecamatan supaya dapat  melakukan pengawasan  dan pemantauan terhadap kondisi kelayakan hewan kurban, baik  sebelum dipotong maupun sesudah dipotong," ungkap  Kepala Dinas  P2KP itu.

Senada pula dengan Bupati Tangerang Achmed Zaki Iskandar yang mengatakan tujuan di lakukannya sidak tersebut tidak lain  untuk mengantisipasi kondisi kelayakan dan kesehatan hewan kurban dari penyakit-penyakit yang dapat membahayakan bagi kesehatan masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Kami harap  kondisi hewan kurban di Kabupaten Tangerang ini sehat. Jangan sampai ada yang cacat, karena  tidak sesuai dengan persyaratan atau ketentuan berkurban,” tutur Zaki, yang mantan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar.

Dan untuk tetap menggairahklan perdagangan hewan kurban di Kabupaten Tangerang pada saat perekonomian sedang lesu seperti sekarang ini, kata Zaki, Pemda Kabupaten Tangerang  tidak mengaharuskan setiap penjual hewan kurban mengantongi  izin resmi secara prosedural. Namun demikian, mereka cukup melakukan laporan saja, supaya hewan-hewan kurban dagangannya dapat dicek  kesehatannya. (man)

Post a Comment

0 Comments