Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pengawasan Kesehatan

Calon penumpang datang dari luar negeri 
diperiksa secara ketat oleh petugas Bandara. 
(Foto: Istimewa) 

 

NET - Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan kesehatan terhadap awak dan penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri maupun yang melakukan perjalanan dalam negeri sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox). 

Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Darmawali Handoko mengatakan pengawasan kesehatan ini dilakukan secara bersama oleh seluruh lintas sektor yang ada di Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Bandara Soekarno-Hatta (KKP Kementerian Kesehatan) dan didukung oleh PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta yang menyediakan fasilitas sarana dan prasarana.

"Gejala utama Monkeypox adalah adanya ruam merah kulit di sekitar wajah dan anggota badan lainnya serta adanya bengkak kelenjar getah bening di area sekitar leher. Selain itu, gejala yang mungkin saja terjadi antara lain suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, nyeri sendi dan otot, serta tampak kurang sehat. Hal ini berbeda dengan Covid dimana demam masih menjadi salah satu gejala utama," jelas dokter Darmawali Handoko.

Darmawali Handoko mengatakan pengawasan kesehatan dilakukan dengan pengamatan visual untuk melihat apakah ada gejala monkeypox pada awak dan penumpang pesawat internasional yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan domestik yang berangkat dan datang.

Pengawasan terhadap tanda dan gejala visual tersebut, kata Handoko, sebagian besar dapat terdeteksi pada saat pelaku perjalanan melakukan proses check-in untuk memproses keberangkatan dan pemeriksaan security kedua setelah proses check-in dimana pelaku perjalanan diminta untuk membuka masker.

“Proses pemeriksaan Imigrasi saat pelaku perjalanan melakukan pemeriksaan paspor. Hal ini termasuk juga dengan awak pesawat yang harus melalui thermal scanner dan pengamatan secara visual,” ucap Handoko kepada wartawan, Jumat (26/8/2022).

Handoko menuturkan apabila petugas bandara menemukan tanda dan gejala Monkeypox dapat langsung melaporkan kepada petugas KKP dan petugaa KKP akan melakukan pemeriksaan mendalam. Jika mengarah kepada gejala Monkeypox maka penumpang  maka akan dilakukan prosedur tatalaksana dan dirujuk ke rumah sakit jika diperlukan.

KKP Kemenkes bersama dengan seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta juga melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran monkeypox.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan AP II sebagai pengelola bandara mendukung penuh upaya pencegahan penyebaran monkeypox.

"Penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta saat ini dilayani melalui Terminal 3. Di Terminal 3 sudah dilengkapi  thermal scanner yang dapat mendeteksi suhu tubuh setiap awak dan penumpang pesawat secara bersamaan. Awak dan penumpang pesawat ketika baru mendarat dari luar negeri dipastikan akan melalui thermal scanner tersebut dan pengamatan secara visual. Ketika diketahui ada awak dan penumpang dengan suhu di atas yang telah ditetapkan, maka thermal scanner akan memberi peringatan kepada personel KKP Kemenkes," ujar Agus Haryadi.

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan ruang isolasi yang dilengkapi berbagai peralatan dan perlengkapan guna tempat isolasi apabila ada awak dan penumpang pesawat yang suspek terpapar monkeypox.

Agus Haryadi menuturkan seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berkolaborasi dan bersinergi penuh dalam mendukung upaya pencegahan penyebaran monkeypox. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments