Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arief Dan Apeksi Usulkan Agar Pemerintah Pusat Lebih Bijak Soal Penghapusan Honorer

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
saat berlangsung rapat pleno Apeksi. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang siap mengakselesari kebijakan Pemerintah pusat terutama soal isu penyerdehananan birokrasi, peningkatan pertumbuhan ekonomi, dan percepatan pemulihan ekonomi.

Namun demikian, Walikota Tangerang  Arief R. Wismansyah meminta Pemerintah pusat juga bisa memahami permasalahan Pemerintah daerah yang saat ini dihadapkan pada persoalan penghapusan tenaga honorer, hingga menurunnya pendapatan daerah.

"Jadi, tadi sudah rapat pleno ketiga. Kita sampaikan beberapa rekomendasi dari beberapa kota, untuk Pemerintah pusat, kementerian, dan lembaga," ujar Arief seuasai Rapat Pleno ketiga Rakernas Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/8/2022).

Rekomendasi itu, kata Arief, antara lain soal kebijakan penghapusan tenaga honorer. Anggota Apeksi berharap Pemerintah pusat bisa lebih bijak lagi dalam menerapkan kebijakan tersebut, mengingat kontribusi honorer dan kemampuan keuangan daerah bila ada konversi tenaga honorer menjadi PPPK.

"Kita minta solusi dari Pemerintah pusat untuk penambahan dana DAU (dana alokasi umum) atau tenaga honorer ini kalau nanti diangkat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) bisa dibantu dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," ujarnya.

Sementara terkait pemulihan ekonomi, Arief menyampaikan untuk di Kota Tangerang pertumbuhan ekonomi sudah mulai membaik. Setelah sempat mengalami minus 6,9 persen pada 2020, saat ini sudah menunjukkan trend positif di angka 3,7 persen.

"Meskipun, kita juga tetap waspada dengan lonjakan kasus Covid19 yang terjadi akhir-akhir ini," tuturnya. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments