Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pembangunan Jembatan Bogeg Dan Ciberang Masuk Tahap Akhir

Pembangunan penyelesaian akhir 
jembatgan dengan pemasangan ACP. 
(Foto: Istimewa) 

 

NET - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan penyelesaian pembangunan Jembatan Bogeg di Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang dan Jembatan Ciberang di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, rampung pada akhir bulan ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Banten Arlan Marzan mengatakan untuk progres pembangunan Jembatan Bogeg saat ini telah mencapai 97 persen. Sedangkan untuk Jembatan Ciberang sudah mencapai 99 persen.

"Jembatan Bogeg sekarang posisi sudah 97 persen. Nah sekarang kita tinggal finishing pasang ACP yang motif Batik Banten di atasnya, yang tiang-tiang kita sudah selesai tinggal ACP yang motifnya. Rampung selesai kita pada akhir Februari," ucap Arlan di Kota Serang, Jum'at (11/2/2022).

Dikatakan, selama proses pemasangan ornamen-ornamen tersebut, Jembatan Bogeg ditutup sementara demi keamanan pengguna jalan.  Kendaraan yang melintas dialihkan melalui Jembatan Bogeg lama dengan sistem buka tutup.

"Jadi sekarang menggunakan jembatan lama ini dalam rangka keselamatan kendaraan yang lewat. Pemasangan ACP dan tiang-tiang kita las. Kita khawatirkan pelintas terkena jatuhan percikan las sehingga kita tutup total. Rencana sampai 16 Februari ini," tutur Arlan.

Sedangkan untuk jembatan Bogeg yang lama, kata Arlan, pihaknya akan melakukan sedikit renovasi dan menambahkan ornamen-ornamen sehingga dijadikan spot selfie bagi pengendaranya sepeda dan pejalan kaki.

"Kita renovasi dan kita kasih ornamen-ornamen, pengerjaan sekarang bareng dengan Jembatan Bogeg jadi selesainya bareng," ujarnya.

Dijelaskan, hingga saat ini rencana peresmian Jembatan Bogeg akan dilakukan pada Maret berbarengan dengan peresmian Banten International Stadium dan Gedung 8 lantai Rumah Sakit Banten.

Jembatan Ciberang, kata Arlan, untuk pembangunan jembatan Ciberang yang menjadi akses menuju tempat wisata unggulan Kabupaten Lebak, Banten yakni Kawasan Negeri Di Atas Awan Gunung Luhur di Citorek sudah mencapai 99 persen. Pihaknya sedang mengerjakan tahapan finishing terkait pengecatan, marka jalan, serta penerang jalan.

"Jembatan Ciberang sekarang sudah 99 persen, lantai jembatan sudah kita cor dan hotmix, tinggal finishing pengecatan, marka jalan, serta lampu untuk penerangan saja," jelasnya.

Bukan hanya itu, ke depannya pihaknya akan menambahkan lampu-lampu aksesoris untuk membuat jembatan lebih menarik dan bagus. Kemungkinan penambahan lampu aksesoris tersebut dilakukan pada anggaran perubahan pada akhir tahun ini.

"Nanti berikutnya, kita rencanakan lampu-lampu aksesoris dalam anggaran perubahan. Karena itu kan kaitannya dengan tempat wisata, sehingga jembatan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan" pungkasnya. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments