Sekda: Bendahara BOS Harus Menguasai Teknologi Informasi

Baca Juga

Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal 
Rasyid memberi arahan sebelum mebuka acara. 
(Foto: S. Bahi/TangerangNet.Com) 



NET - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus menguasai dan mengaplikasikan teknologi informasi dalam penatausahaan serta pengelolaan administrasi.

Hal itu dikatakan Sekda yang akrap disapa Rudi Maesyal saat membuka pendidikan dan pelatihan pengembangan kompetensi teknis pelatihan bendahara BOS Angkatan I dan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2021 secara virtual di Ruang Cituis Gedung Bupati Tangerang, Tigaraksa, Selasa (2/3/2021).

Menurut Sekda, meningkatnya pandemi Covid-19 memaksa kita semua untuk melakukan inovasi dan kreatifitas yang tidak hanya mengedepan aspek skill dan pengetahuan namun juga aspek keselamatan.

“Seiring perkembangan teknologi informasi, sesuai arahan Bupati, bendahara BOS dituntut harus bisa menguasasi dan mengaplikasikan teknologi informasi dalam penatausahaan serta pengelolaan administrasi yang menjadi tugas pokok dan fungsinya seorang bendahara,” ucap Sekda.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Hendar Herawan menjelaskan pola pembelajaran yang dilakukan menggunakan virtual atau secara daring/e-learning sesuai protokol kesehatan.

Kali ini yang mengikuti pelatihan Diklat sebanyak 80 orang terbagi dalam 2 angkatan selama satu bulan mulai 1 sampai dengan 30 Maret 2021. Dengan jumlah jam pelajaran 89 jam pelajaran setiap angkatan.

Peserta, ucap Hendar, dituntut harus dapat menyajikan data yang nyata dan bisa dipertanggungjawabkan, baik mulai dari teknis penginputan, pengelolaan, pelaksanaan BOS sampai pertanggungjawabannya.

Materi Diklat yakni  pretest, integritas, manajemen keuangan sekolah, perencanaan kegiatan sekolah, perpajakan, pembukuan, pelaporan, praktik membuat perencanaan, praktik pembukuan, praktik pelaporan, praktik perpajakan, perencanaan Keuangan Daerah, Pelaporan Keuangan Daerah, dan post tes. (bah)

 

Post a Comment

0 Comments