Gubernur: Hadapi Kesiapsiagaan Bencana, Simak Terus Info Prakiraan Cuaca

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) melakukan pertemuan dengan jajaran Stasiun Meteorologi Maritim Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Provinsi Banten untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana terkait curah hujan di wilayah Provinsi Banten. Pertemuan digelar di Ruang Rapat Rumah Dinas Gubernur Banten Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 158, Kota Serang, Selasa (23/2/2021).

Menurut Gubernur, informasi prakiraan cuaca penting dan dibutuhkan masyarakat. "Informasi prakiraan cuaca kini telah dibutuhkan oleh para nelayan, petani, pelaku transportasi, hingga kegiatan kunjungan ke lapangan. Oleh karena itu, perlu terus diikuti informasinya," ungkap Gubernur.

Gubernur menekankan pentingnya peningkatan koordinasi untuk prakiraan hujan guna antisipasi bencana longsor dan banjir, serta informasi kegempaan untuk peringatan dini tsunami.

Kepala Stasiun Metereologi Maritim BMKG Serang Provinsi Banten Nurhuda melaporkan informasi prakiraan cuaca telah dirilis setiap hari dan setiap waktu.

"Dalam hal kewaspadaan, hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Lebak, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Waspada potensi longsor di wilayah tengah dan selatan," ucap Wahidin.  

Sementara itu, terkait potensi gempa dan tsunami, telah terpasang alat pendeteksi gempa dan tsunami. Untuk peringatan dini tsunami, alat yang terpasang di Perairan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, perlu diperbaiki. Sementara alat yang berada di Perairan Ciwandan, Kota Cilegon sudah diperbaiki.

"Untuk peringatan dini tsunami, Pemerintah Daerah bisa memasang pengeras suara (sirene) yang dioperasikan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah-red) berdasarkan informasi dari BMKG," ungkap Nurhuda. (*/pur)

 

Post a comment

0 Comments