Melonjak Jumlah Korban Covid-19 Dimakamkan Di TPU Buni Ayu Tangerang

Baca Juga

Lokasi TPU Buni Ayu terus diperluas.  
(Foto: S. Bahri/TangerangNet.Com)   




NET - Korban Covid -19 terus bertambah di Kabupaten Tangerang. Jumlah jenazah yang dimakamkan di  Tempat Pemakaman Umum (TPU) Buni Ayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, sejak kasus pandemi merebak pada Maret 2020 lalu sampai Januari 2021 sebanyak 282 jenazah.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah, Jumat (8/1/2021) mengatakan jumlah pemakaman terbanyak korban Covid-19 terjadi sejak 1 sampai 7 Januari 2021. Semuanya warga Kabupaten Tangerang yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RS swasta di Kabupaten Tangerang.

Iwan menjelaskan untuk pemakaman jenazah suspect, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan pasien terkonfermasi Covid-19, sejak Maret 2020 sampai 31 Desember 2020 sebanyak 262 Jenazah, dan Januari 2021 sebanyak  22 jenazah, jadi totalnya 282 jenazah.

“Jumlah yang cukup banyak pada awal tahun ini. Dalam tempo seminggu mencapai 22 orang jenazah yang dimakamkan,” ujar Iwan.

TPU Buni Ayu khusus korban Covid-19, kata Iwan, awalnya hanya menyiapkan lahan 3.000 meter persegi untuk korban Corona-19 dengan kapasitas 1.600 lubang makam. Menyusul meningkatnya jumlah korban Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tangerang memperluas lahan TPU dari 3.000 meter menjadi 72 hektar. Saat ini 40 hektar sudah siap digunakan sedangkan 30 hektar masih ditata dan tahun ini diharapkan bisa dipergunakan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sedang menata penambahan luas TPU Desa Bani Ayu. “Saat ini kasus Covid-19 mengalami trend peningkatan yang cukup signifikan di Kabupaten Tangerang, dan bahkan  masuk zona merah sebelumnya posisi  zona orange," ujarnya.

Penataan perluasan TPU Buni Ayu, kata Sekda, meliputi perbaikan jalan masuk, lampu penerangan, renovasi bangunan untuk penjaga makam, penataan makan dengan cara memisahkan makam muslim dan non-muslim.

Maesyal panggilan akrabnya mengimbau agar masyarakat Kabupaten Tangerang meningkatkan kewaspadaan, menerapkan ketat protokol kesehatan 4-M, yaitu memakain masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (bah)

Post a Comment

0 Comments