Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kabupaten Tangerang Panen Raya Jagung Dan Ikan Lele

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dan 
Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade 
Ary Syam Indradi saat memetik jagung.  
(Foto: Istimewa)  




NET-  Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli bersama Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar serta para kepala dinas melaksanakan panen raya jagung dan ikan lele di Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Rabu (11/11/2020).

Wakil Bupati Tangerang mengatakan panen jagung hibrida dan ikan lele memanfaatkan lahan tidur seluas 5 hektare ini merupakan yang kedua kali. Sebelumnya, dilaksanakan di Desa Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya oleh Bupati Tangerang. 

“Berharap program ketahanan pangan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dengan konsisten sejalan dengan tantangan sosial yang kita hadapi saat ini. Kabupaten Tangerang memiliki wilayah dengan banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang masih ada dan bisa dikembangkan,” tutur Mad Romli.

Mad Romli menjeslakan lahan yang tersedia untuk tanam jagung hibrida lumayan luas di kota seribu industri ini yakni mencapai 24, 92 hektar. Semua lahan tidur itu tersebar di 10 wilayah Polsek di Kabupaten Tangerang.

“Paling tidak melalui program ketahanan pangan ini bisa mengubah pola pikir masyarakat menjadi masyarakat yang kreatif dan produktif sehingga kesadaran terhadap pemanfaatan potensi wilayah dengan tetap menjaga sektor ketahanan pangan bisa dilakukan secara maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Dr. Aziz Gunawan menambahkan panen jagung hibrida ini merupakan program ketahanan Pangan Baharakam Polri di Kabupaten Tangerang.

Selama proses penanaman, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang melakukan pendampingan melalui Balai Penyuluh Pertanian di wilayah hukum yang masuk program penanaman jagung penanganan dampak ekonomi.

Sepuluh wilayah Polsek yang memiliki lahan tidur: Polsek Pasar Kemis di Desa Badak Anom 2 hektar.  Polres Rajeg di Desa Sukatani 1 hektar. Polsek Cikupa di Desa Cibadak 4 hektar. Polsek Kresek di Desa Kemuning 3 hekatr.  Polsek Balaraja di Desa Buni Ayu 3 hekatr.  Polsek Panongan Desa Rancaiyuh 3 hekatar.  Polsek Cisoka di Desa Carenang 3 hektar.  Polsek Tigaraksa di Desa Jambe 10 hektar. Polsek Mauk Desa Tegal Kunir Lor 3 hekatr dan Polsek Kronjo di Desa Gandaria 2 hekatr.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin menjelaskan untuk program ketahanan Pangan Baharakam Polri dan bekerjasama dengan Pemkab Tangerang ini. Pihaknya melakukan pendampingan di setiap Area Penanaman jagung di 10 Polsek berupa budidaya ikan lele.

"Kami berikan bantuan bibit dan tempat budidaya ikan lele. Hasilnya untuk masyarakat yang terkena dampak ekonomi pandemi Covid-19," ujar Jaenudin yang diketemui di lokasi panen jagung di Desa Jambe. (bah)

Post a Comment

0 Comments