Ada 72 Pekerja Migran Dipulangkan Gunakan Dua Bus Damri

Baca Juga

Sebelum dipulangkan pekerja migran
dapat penjelasan protokol kesehatann.
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com) 




NET - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani dan Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Damri Sandry Pasambuna melepas langsung para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke daerah asal masing-masing di Rumah Penampungan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus, Jakarta Timur, Jumat (12/6/2020).

Sedikitnya 72 PMI asal Jawa Tengah dan Jawa Timur dipulangkan menggunakan dua buah Bus Damri secara gratis yang merupakan kerja sama BP2MI dengan Kementerian Perhubungan. "Untuk memastikan keamanan dan keselamatan, Damri menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan ketat," ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Damri Sandry Pasambuna.

Protokol tersebut, kata Sandry, di antaranya adalah penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian bus sebelum dan sesudah mengantarkan tenaga paramedis, menyediakan hand sanitizer, serta pramudi yang bertugas menggunakan APD (Alat Pelindung Diri)  dan masker.

Selain itu, imbuh Sandry, diterapkan physical distancing di dalam bus. "Sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh armada yang digunakan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Damri bertekad untuk terus memberikan kemudahan akses khususnya bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berjuang melawan Covid-19 dan memutus rantai penyebaran virus tersebut," ujarnya.

Pemulangan PMI yang telah ada di RPTC ini merupakan bukti sinergi dan koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, yaitu dari BP2MI, Kementerian Perhubungan melalui DAMRI, dan Kementerian Sosial dalam hal ini RPTC.

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan ini Deputi Perlindungan BP2MI, Anjar Prihantoro, Direktur Pemberdayaan, A. Gatot Hermawan, Direktur RSTS dan KPO RPTC Kementerian Sosial, Budi Waskito. (dade)

Post a comment

0 Comments