BAZNas Terjunkan Tim Bantuan Korban Banjir Bandang Di Sentani

Baca Juga

Regu penolong sedang mengevakuasi korban.
(Foto: Istimewa)


NET - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) menerjunkan tim untuk membantu korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Senin (18/3/2019). Tim gabungan dari BAZNas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua, saat ini tengah melakukan proses pencarian dan evakuasi korban banjir. 

"BAZNas memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir yang terjadi di Sentani melalui personil di daerah, saat ini fokus utama penanganan awal yang dilakukan adalah proses evakuasi. Tim BTB pusat juga disiagakan untuk mendukung layanan pascabencana di Sentani," ujar Ketua BAZNas, Prof Dr Bambang Sudibyo MBA CA, Senin (18/3/2019), di Jakarta.

BAZNAas bersiaga melayani masyarakat yang mengalami kesulitan, kata Bambang, termasuk para korban bencana ini. Tim terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantau cuaca dan gejala alam lainnya yang berpotensi menimbulkan bencana agar dapat memberikan layanan cepat.

"Seperti di Lombok, Palu, Banten, dan Lampung, BAZNas tidak hanya menerjunkan tim evakuasi dan mendistribusikan bantuan kemanusiaan saja, tapi juga mengembangkan program recovery berupa trauma healing, dan peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak. Ketika bencana terjadi, banyak masyarakat yang menjadi korban, kehilangan tempat tinggal, dan mata pencarian sehingga dapat menimbulkan kemiskinan baru," ucap Bambang. 

Banbang mengatakan untuk itu BAZNAS hadir untuk melayani masyarakat. Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan peristiwa  yang terjadi pada Sabtu, (16/3/2019) karena  intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah sungai meluap dan mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sebanyak 9 kelurahan di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

"Hingga kini tercatat ada 50 korban meninggal dunia serta puluhan lainnya mengalami luka-luka," ungkap Bambang. (dade)

Post a Comment

0 Comments