Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KPU Banten: Ayo, Cek Nama Warga Di DPT

Komisioner KPU Banten Agus Sutisna. 
(Foto: Istimewa/koleksi pribadi) 

NET – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajaran hingga ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) akan memfasilitasi masyarakat mulia Rabu (17/10//2018) pukul 10:00 WIB untuk memeriksa nama dan data diri di Daftar Pemiihan Tetap (DPT) Pemilu 2019. 


“Kegiatan cek nama dan data diri ini serentak dilakukan secara nasional sebagai puncak dari program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang sudah digelar sejak tanggal 1 Oktober lalu, dan akan berakhir nanti tanggal 28 Oktober,” ujar Agus Sutisna, Kordinator Divisi Program dan Data KPU Provinsi Banten kepada wartawan di kantornya, Kota Serang, Selasa (16/10/2018).

Fasilitasi tersebut, kata  Agus Sutisna, akan diberikan di posko layanan pemilih atau Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang tersebar di seluruh PPS dan posko mobil di berbagai lokasi strategis di seluruh Provinsi Banten. Kegiatan ini merupakan bagian puncak dari GMHP yang digelar KPU secara nasional.

Sejumlah pimpinan daerah dan tokoh masyarakat, kata Agus, bahkan Wakil Gubernur Banten dan beberapa pimpinan DPRD Banten sudah mengkonfirmasi akan turut serta dalam event ini dengan turun ke masing-masing PPS yakni mereka terdaftar dalam DPT.

“Pak Wagub (Andika Hazrumy-red) Insya Allah akan mengecek namanya di PPS Kelurahan Cipocok Jaya Kota Serang,” ucap Agus.

Di Lebak dan Pandeglang, kata Agus, kegiatan cek data diri serentak akan dilakukan dengan membuka posko mobil di sejumlah lokasi strategis seperti lingkungan Pemda, pasar, kampus perguruan tinggi, stasiun, dan ruma sakit, selain posko GMHP di KPU, PPK dan PPS.

Sementara itu, di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang, kegiatan puncak GMHP akan diawali dengan apel serentak di KPU setempat dan seluruh PPK sebelum bersama-sama melakukan pengecekan data diri di PPS masing-masing.

Ditemui di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, usai menghadap Wakil Gubenur, Ketua KPU Banten Wahyul Fuqon menghimbau agar masyarakat mau memanfaatkan momentum ini untuk memastikan hak pilihnya sudah terakomodir di DPT.

“Kami berharap gerakan ini juga diikuti oleh masyarakat luas, para tokoh lokal dan aktifis untuk bersama-sama mengecek namanya di DPT di masing-masing desa atau kelurahan”, ungkap Wahyul.
Jika kemudian namanya belum terdaftar pada saat itu juga petugas-petugas kami akan mendaftar dan memasukkannya kedalam DPT yang saat ini sedang terus diperbaiki dan disempurnakan”, tambah Wahyul.

Sebagaimana sudah dirilis oleh KPU Banten beberapa waktu lalu, GMHP ini memang merupakan upaya KPU dan jajarannya untuk terus menyempurnakan DPT Pemilu 2019, sekaligus untuk memastikan setiap warga negara yang sudah memenuhi syarat perundang-undangan masuk di dalam DPT. GMHP ini akan berlangsung sampai pada 28 Oktober 2018. Artinya, masyarakat yang belum sempat mengecek namanya di DPT besok, masih punya kesempatan untuk memastikan namanya dan keluarganya di DPT hingga pada 28 Oktober 2018. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments