BPCB: Berulang Kali Revitalisasi Banten Lama Gagal, Kini Gubernur Berhasil

Baca Juga

Banten Lama kini dapat menampung ribuan orang. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Pembangunan revitalisasi Banten Lama yang saat ini sudah dilaksanakan tahap pertama menuju tahap selanjutnya, kian mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Saeful Mujahid selaku Kepala BPCB Banten juga yang membawahi daerah Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Banten, dan Lampung mengapresiasi dan mendukung penuh pembangunan revitalisasi Banten Lama.

"Pada prinsipnya, kami sangat mendukung penuh revitalisasi Banten Lama, dan sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Banten yang diinisiasi oleh Pak WH (Gubernur Banten) dalam menata kawasan bersejarah tersebut," ujar Saeful Mujahid kepada wartawan. di Kota Serang, Selasa (23/10/2018).
Saeful Mujahid menjelaskan upaya penataan Banten Lama sudah sering dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) tetapi tidak pernah berhasil.

"Kita sudah sering melakukan penataan Banten lama ini agar terlihat bersih, rapih, dan tidak kumuh. Tapi itu sangat sulit, susah diatur dan tidak mudah ditata. Tapi Pak WH (Gubernur Banten) mampu menata Banten Lama ini menjadi bersih, rapih, dan tertata," ungkap Saeful.

Di tempat terpisah, Juliadi, Kasi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan BPCB Banten mengatakan sangat mendukung dan berterima kasih kepada Gubernur Banten beserta jajarannya.

"Patut kita apresiasi upaya penataan Banten Lama yang dilakukan oleh Pemprov Banten saat ini. Kami mendukung program revitalisasi Banten Lama ini. Kami dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten selalu berkoordinasi dengan pelaksana dari Pemprov Banten agar revitalisasi Banten Lama ini berjalan sesuai harapan," tutur Juliadi.

Menyikapi persoalan segelintir orang yang memprotes penataan Banten Lama, Juliadi menanggapinya.

Saeful Mujahit: apresiasi Pak Gubernur. 
(Foto: Istimewa)   
"Kami berharap masyarakat dan Pemprov Banten tidak mudah tergiring oleh beberapa isu pemberitaan yang membawa-bawa nama Balai Pelestarian Cagar Budaya. Kami menegaskan bahwa Balai Pelestarian Cagar Budaya sangat mendukung revitalisasi Banten Lama ini,” ujar Juliadi.

Adapun hal-hal yang menyangkut dengan situs-situs sejarah ataupun aturan-aturan tentang cagar budaya, kata Juliadi, BPCB dan Pemprov telah berkoordinasi agar revitalisasi Banten Lama tidak melanggar aturan-aturan yang berlaku dan pembangunannya berjalan sesuai harapan.

Diketahui bahwa Gubernur Banten Wahidin Halim atau WH sebagai inisiator Penataan Banten Lama terus mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak lapisan masyarakat atas gebrakannya dalam menata Banten Lama yang dahulu kumuh, kotor dan semeraut kini menjadi bersih, tertata dan rapih. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments