KAI Lantik Anggota Baru Di Hotel Aston Rasuna

Baca Juga

Sejumlah anggota KAI seusai  diangkat dan dilantik. 
(Foto: Istimewa/KAI)    

NET – Sedikitnya 90 orang diangkat dan dilantik menjadi anggota Kongres Advokat Indonesia (KAI) oleh Presiden KAI  Siti Jamaliah Lubis di Hotel Aston Rasuna, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2018). “Kalian sekarang sudah menjadi advokat dan jadilah advokat yang membela kepentingan rakyat yang terdindas,” ujar Siti Jamaliah Lubis.

Pengangkatan dan pelantikan anggota KAI tersebut dilakukan setelah mengikuti serangkan kegiatan mulai dari Pendidikan dan Pelatihan Khusus Profesi Advokat (DKPA) dan dilanjutkan dengan ujian. Peserta DPKA datang dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Utara, dan Bengkulu.

Mia Lubis sapaan Siti Jamaliah Lubis, mengatakan setiap anggota KAI yang diangkat dan dilantik wajib mengikuti kegiatan DKPA dan ujian. Hal ini dilakukan mengacu ke Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

“Advokat itu adalah penegak hukum yang tidak mendapat fasilitas dan gaji dari negera, berbeda dengan jaksa, polisi, dan hakim. Oleh karena itu, menjadi advokat itu benar-benar berjuang untuk kepentingan rakyat yang hak-hak hukumnya dirampas oleh orang lain,” unkgap Mia Lubis.

Meski demikian, kata Mia Lubis, anggota KAI tidak boleh melakukan tindakan tercela seperti melakukan pemerasan terhadap klien. “Belalah hak mereka dengan cara-cara yang diatur undang-undang. Jangan melakukan tindakan yang tidak terpuji,” ucap Mia Lubis.

Sementara itu, Petrus Bala Pattyona salah seorang pimpin KAI mengatakan jadi advokat itu penuh perjuangan. “Pengalaman saya jadi advokat, perjuangan tersebut bahkan dapat mengancam keselamatan jiwa kita. Namun, saya tetap jalankan profesi advokat ini sesuai aturan. Syukur sampai saat ini tetap berjalan,” ungkap Petrus Bala Pattyona yang terkenal dengan kasus pembelaan pemerkosa di Bekasi, Jawa Barat, beberapa tahun silam.

Salah seorang anggota KAI yang dilantik, Rahmat Gunawan, SH mengucapkan syukur atas terlaksana acara tersebut. “Alhamdulillah kita semua sekarang dilantik dan semoga dalam waktu dekat dapat mengikuti acara penyumpahan oleh Ketua Pengadilan Tinggi,” ucap Gunawan. (ril)

Post a Comment

0 Comments