Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wagub Ingin Lulusan BLKI Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Wakil Gubernur Andika Hazrumy saat berdialog dengan peserta pelatihan.
(Foto: Istimewa)  

NET  - “Melalui kegiatan ini diharapkan agar para peserta pelatihan kerja, tidak hanya terfokus kepada mindset sebagai menjadi pencari kerja melainkan diarahkan juga sebagai wirausaha baru yang menciptakan lapangan kerja,” kata Andika.

Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengatakan hal itu saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan ke-3 tahun 2018 di Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Provinsi Banten di gedung BLKI Banten, Serpong, Kota Tangerang Selatan , Kamis (15/3/2018).

Andika meminta lulusan pelatihan di BLKI untuk tidak hanya berorientasi mencari kerja, melainkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Setelah mengikuti pelatihan kerja ini, kata Andika, para peserta diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui pemanfaatan sumber daya yang ada untuk menciptakan produk bernilai ekonomis. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai medium dalam menjalankan wirausaha kreatif. Dengan mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran dan promosi produk diharapkan dapat memberdayakan perekonomian masyarakat.

Andika menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan kerja dapat menambah kompetensi, keterampilan, dan daya saing sesuai dengan kebutuhan industri. Pelaksanaan pelatihan kerja secara berkesinambungan diyakini dapat menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten.

Andika mengatakan angka tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten pada Agustus 2017 mencapai 9,28 persen dari jumlah angkatan kerja sebanyak 5,08 juta jiwa. Karenanya, kemitraan dunia usaha/ industri (sektor swasta), pemerintah daerah bersama-sama dengan pekerja dapat terbentuk guna mengoptimalkan kerjasama link and match antara BLKI dengan industri, sehingga dapat meningkatkan lulusan BLKI memiliki keterampilan dan kompetensi bidang tertentu sesuai yang dibutuhkan oleh industri.

“Hal tersebut diyakini akan berkorelasi terhadap upaya menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka (TPT).  (*/ril)


Post a Comment

0 Comments