Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hasil Survei: Wahidin-Andika Diprediksi Menangkan Pilkada Banten 2017

Hasil Survei Lembaga Survei Politik (LSP) Indonesia tampak
pasangan WH-Andika unggul.
(Foto: Istimewa)   
NET - Dua minggu menjelang pemungutan suara pilkada Banten, Lembaga Survei Politik (LSP) Indonesia merilis hasil riset opini publik untuk memprediksi pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten. Hasilnya, pasangan Wahidin Halim - Andika Hazrumy unggul atas pasangan Rano Karno - Embay Mulya Syarif.

Peneliti LSP Indonesia, Syaf Zulkarnain mengatakan melalui pertanyaan tertutup yakni  responden ditunjukkan kartu bantu gambar pasangan calon, Wahidin-Andika dipilih oleh 39,50 persen responden, sementara Rano-Embay dipilih oleh 32,10 persen responden. Sisanya sebanyak 28,40 persen menyatakan rahasia, tidak tahu atau tidak menjawab. "Melihat komposisi ini pasangan Wahidin-Andika unggul dengan selisih 7,40 persen atas pesaingnya Rano-Embay," ujar Syaf kepada wartawan, Rabu (1/2/2017).

Syaf menambahkan  masih ada 28,40 persen pemilih yang bisa diperebutkan, namun melihat rata-rata partisipasi pemilih dalam banyak pilkada di Banten masih di bawah 70 persen, besar kemungkinan distribusi pemilih yang belum memutuskan itu akan lari ke golput (tidak memilih). "Jikapun masih terdistribusi ke masing-masing pasangan calon, kemungkinan sebagian terbesar akan memilih Wahidin-Andika. Ini karena sesungguhnya pemilih tidak akan menunda pilihan pada petahana, kecuali ada sesuatu yang mengganjal hati mereka," ucap Syaf Zulkarnain. 

Survei Lembaga Survei Politik (LSP) Indonesia diselenggarakan pada tanggal 21 hingga 27 Januari 2017 dengan jumlah responden 800 orang.  pada 21 hingga 27 Januari 2017. LSP Indonesia mengklaim tingkat margin of error sebesar 3,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Setiap responden ditemui pewawancara yang telah dilatih. Satu pewawancara bertugas untuk satu desa atau kelurahan terpilih dengan jumlah responden sebanyak 10 orang di setiap desanya. 

LSP Indonesia menggunakan metode multistage random sampling dengan dengan jumlah KK terpilih di seluruh Banten sebanyak 800 KK yang terpilih di Kab. Serang sebanyak 110, Kab. Pandeglang sebanyak 90 KK, Kab. Tangerang sebanyak 210 KK, Kota Cilegon 30 KK, Kota Serang sebanyak 50 KK, Kab. Lebak sebanyak 90 KK, Kota Tangerang sebanyak 120 KK dan Kota Tangsel sebanyak 100 KK. (*/ril)

Post a Comment

0 Comments