Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rapat Pleno Perhitungan Suara Di GOR Tangerang, Suara Digelembungkan Oleh Saksi

Ketua PPS Sukarasa M. Yunus.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com


NET – Rapat pleno rekapitulasi perhitungan hasil suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan di GOR Tangerang di Jalan Damaihati oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tangerang diwarnai dengan penggelembungan suara. Aneh, penggelembungan suara itu dilakukan oleh saksi partai politik.

Hal itu terjadi saat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, sedang melakukan perhitungan suara tingkat Provinsi Banten. C-1 hasil dari salah partai politik yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) oleh saksi dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk salah satu calon anggota legislative (Caleg) yang memperoleh suara nol tapi diisi mendapatkan 70 suara.

Ketua PPS Sukarasa M. Yunus mendapat laporan bahwa ada caleg dari PPP mendapat suara 70 lalu berupaya mencocokan dengan C-1 plano. “Setelah kita ambil C-1 plano dan kita buka serta saksikan bersama apa yang tertera, ternyata mendapat suara nol. Mencermati C-1 plano dilakukan bersama Panwas, saksi partai politik yang hadir. Akhirnya, disepakati caleg yang bersangkutan memang mendapat suara nol dan bukan tujuh puluh suara,” tutur Yunus kepada TangerangNet.Com, Rabu (21/2/2024) malam di GOR Tangerang.

Ketika Yunus ditanya, sudah kalikah cara penggelembungan suara tersebut di PPS Sukarasa? “Pada Pemilu 2024 ini baru pertaman kali ditemukan tapi Pemilu 2019 ada beberapa kali. Semoga tidak ada lagi ada orang yang melakukan penambahan suara secara tidak sah,” ucap Yunus berharap.

PPS Sukarasa, Panwascam, dan saksi partai
politik mencocokan jumlah kertas surat suara.
(Foto: Istimewa)  


Yunus menyebutkan perhitungan suara pada hari kedua yakni Rabu (21/2/2024) sudah hampir rampung. “Insya Allah lanjutkan pada hari Kamis (22/2/2024) dapat kita selesai semua tingkatan mulai dari Presiden, DPD (Dewan Perwakilan Daerah-red), DPR RI, DPRD Provinis, dan DPRD Kota Tangerang,” ucap Yunus.

Sementara itu, M. Fatih – anggota PPK Kecamatan Tangerang menjelaskan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perhitungan hasil suara di GOR Tangerang berlangsung selama dua minggu dimulai Selasa (20/2/2024). Pada hasi pertama dimulai rapat pleno dengan dua kelurahan.

“Demi mengejar waktu, sejak Rabu (21/2/2024) perhitungan dilakukan sekaligus tia kelurahan. Mudah-mudah diberi waktu selama dua minggu rapat pleno perhitungan hasil suara dapat terpenuhi. Rapat pleno perhitungan dimulai pukul 09:00 sampai dengan 22:00. Hal ini dilakukan agar petugas tidak terlalu lelah,” ucap Fatih yang juga seorang guru itu. (ril)

 

 



Post a Comment

0 Comments