Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Nurdin: Kesiapsiagaan Petugas, Jadi Kunci Utama Hadapi Bencana

Pj Walikota Tangerang Nurdin saat memeriksa 
peralatan pendukung guna mengatasi bencana. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Guna mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi kapan pun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Apel Siaga Bencana Tahun 2024 di Taman Elektrik, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Jalan Satria Sudirman, Selasa (23/1/2024).

Apel tersebut diikuti oleh 320 personil gabungan berasal dari unsur TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Lingkungan Hidup (LH), Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Polisi Pamong Praja (Pol PP), Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka dan relawan lainnya.

Penjabat (Pj) Walikota Tangerang Dr. Nurdin mengatakan apel siaga bencana ini untuk memastikan kesiapsiagaan Kota Tangerang dalam menghadapi bencana.

“Bencana alam bisa datang kapan saja, tanpa diduga. Oleh karena itu, kesiapsiagaan menjadi kunci utama dalam menghadapi bencana,” ujar Nurdin.  

Nurdin menjelasakan Kota Tangerang merupakan kota besar yang beresiko terkena dampak bencana baik itu bencana alam maupun kebakaran. Oleh karena itu, kesiapsiagaan personil, masyarakat dan peralatan dalam mengatasi risiko bencana harus terus ditingkatkan.

“Semua kesiapsiagaan kita mulai dari sarana prasarana harus terus ditingkatkan, lakukan simulasi dan sosialisasi karena ini penting agar masyarakat dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi bencana," ucap Nurdin pada apel yang dihadiri oleh Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Zian Dwi Nugroho, Komandan Kodim 0506 Tangerang dan Kepala SAR Jakarta.

Bukan hanya itu, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Nurdin mengingatkan agar seluruh stakeholder bisa mengantisipasi terjadinya bencana pada saat proses pemilihan berlangsung.

"Sebentar lagi tanggal 14 Februari yang merupakan pesta demokrasi, tentunya kita harus siap siaga dalam menghadapi kemungkinan yang bisa terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucap Nurdin.

Nurdin berharap dengan kesiapsiagaan, Kota Tangerang dapat menghadapi bencana dan dapat segera pulih jika terjadi bencana.

“Mari bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Bangun koordinasi dan berkolaborasi dalam upaya pencegahan, mitigasi, bencana di Kota Tangerang,” pungkasnya. (*/pur)

 


Post a Comment

0 Comments