Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rezeki Tak Disangka-sangka, Lahir Saung Advokasi Farm

Dua pengunjung cafe menikmati
suasana dan hidangan disediakan.
(Foto: Istimewa)  


NET - Berawal tiga tahun lalu, kami membeli kavling tanah dengan cara menyicil. Kami tanami dengan aneka tanaman buah-buahan dan sayuran. Untuk tempat berteduh, dibuatlah saung sederhana dan juga menggali air untuk menyiram tanaman.

Seiring waktu, ada sedikit dana kami membangun rumah mini ukuran 3 kali 6 meter persegi berlantai dua sebagai tempat untuk istirahat dan menginap pada setiap akhir pekan.

Tanaman yang kami tanam, sudah banyak menghasilkan buah dan berbagai jenis sayuran. Kami juga memelihara ternak ayam kampung, ikan, burung, kelinci dan juga sepasang domba. Kami tiap pagi harus memberi pakan ternak dan menyiram tanaman.

Lahan di bagian depan seluas 200 meter persegi, kami ubah  menjadi tempat ngopi untuk rekan dan sahabat yang berkunjung sambil memetik buah-buahan yang tersedia. Salah satunya apel India yang berbuah lebat. Di bawah rindangnya pohon India, kami duduk sambil bercengkrama sambil menikmati hidangan yang ada.

Tepatnya dua bulan lalu, ketika kami mendapat rezeki yang tak disangka-sangka, kami memutuskan untuk membuka usaha cafe di lahan depan tersebut. Dengan bantuan tukang, dimulailah pembangunan kanopi dan warungnya. Menyiapkan peralatan dapur dan juga pegawai. Alhamdulilah semua berjalan lancar tanpa hambatan.

Cafe kami berkonsep kebun karena sudah ada berbagai tanaman. Selain itu, ada spot-spot literasi seperti pengenalan tentang aneka ternak untuk anak-anak dan  belajar berkebun dan petik sayuran bagi ibu-ibu atau pengunjung cafe.

Akan ada panggung budaya, misal pementasan seni berupa pembacaan puisi, live musik tema sosial, bedah novel dan lainnya. Cafe juga bisa untuk gelar diskusi, tugas kelompok pelajar/mahasiwa, arisan, ulang tahun dan lain sebagainya.

Yang tak kalah pentingnya, saya yang seorang pengacara juga menyediakan layanan free konsultasi hukum atau curhat hukum bagi para pengunjung yang datang. Atau juga saya sedikit memberi pencerahan hukum pada waktu-waktu tertentu.

Insya Allah, hari Sabtu tanggal 2 Desember 2023 cafe akan mulai dibuka untuk umum. Bahasa kerennya grand opening. Untuk 1 bulan pertama, ada diskon 20 persen untuk semua menu. Kami jamin harga menu sangat terjangkau sesuai dengan kondisi ekonomi di sekitar cafe. Tapi kami upayakan terus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan baik dari cita rasa, layanan dan fasilitas lain.

Mohon doanya untuk semua sahabat dan kami tunggu kunjungannya ke cafe kami sambil bersantuy dan bersilaturahmi. Jangan lupa nama cafenya SAUNG ADVOKASI FARM berlokasi di Jalan KH Musa Kampung Bendungan RT 17 RW 04, Desa Kedung Dalam, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. (*/rls/pur)


Post a Comment

0 Comments