Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kepada Ormas se-Kota Tangerang, Kombes Zain: Jaga Kondusifitas Kamtibmas

Pengurus Ormas yang datang ke Polres
mememuhi undangan dari Kapolres Metro
Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.
(Foto: Istimewa)  


NET - Pasca bentrok dua organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang terjadi di Kecamatan Larangan, pada Minggu (12/2/2023), Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengundang seluruh Ormas se-Kota Tangerang untuk bersilaturahmi dan mengajak menjaga kondusifitas Kamtibmas.

Pertemuan tersebut di aula Kantor Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot No. 52, Kamis (16/2/2023) sore.

Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan pertemuan dilakukan untuk menyamakan persepsi, agar ke depan bila terdapat suatu permasalahan dapat segera teratasi tanpa harus melakukan kekerasan fisik dan selesaikan secara musyawarah antar pimpinan Ormas, sehingga suasana Kamtibmas menjadi aman, nyaman, dan kondusif.

"Beberapa kasus gesekan terjadi antar ormas itu terjadi karena perebutan lahan parkir, jaga lahan kosong, dan kesalahpahaman dilakukan oleh beberapa oknum ormas," ujarnya.

Zain mengatakan kepada 65 orang perwakilan ormas yang hadir, apabila ada anggota ormas yang melakukan kekerasan maupun pemerasan hingga membuat keresahan di masyarakat. Polisi tidak segan-segan menindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Kita (Polisi) berharap dan menekankan kejadian-kejadian terkait premanisme, SARA, debt collector, tawuran antar ormas yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban tidak terjadi lagi di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," tuturnya.

Kapolres mendorong setiap ormas dapat melakukan pembinaan terhadap anggotanya,  membekali keterampilan melalui pelatihan kerja, membuat usaha positif yang dapat menampung anggotanya, sehingga mendapatkan penghasilan yang baik, bukan dari hasil pemerasan maupun perbuatan yang melanggar hukum.

"Saya minta seluruh ormas untuk tidak melanggar hukum, kerjasamalah dengan perusahaan yang ada, termasuk dengan pemerintah daerah, agar ormas dapat lebih berkarya dengan kegiatan positif dan jadi role model sebagai pelopor dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.  Kami akan berupaya membantu untuk memfasilitasi itu," urai Kapolres.

Sementara itu, diungkapkan oleh Sutari, perwakilan ormas sangat menyambut baik pertemuan yang difasilitasi Polres Metro Tangerang Kota, gesekan yang terjadi adalah karena faktor ekonomi.

Menurut Sutari, masyarakat kota Tangerang ini berdiri dari berbagai macam suku dan agama.

"Kami sangat senang sekali dengan kegiatan ini karena kita dapat mengenal satu sama lain, kami berharap pertemuan dapat lebih sering dilakukan," ujarnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments