Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Layanan Investasi Kota Tangerang Dapat Penghargaan Nasional: Terbaik Pertama

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri 
Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal 
Bahlil Lahadalia menyerahkan penghargaan 
kepada Pemerinah daerah layanan terbaik. 
(Foto: Istimewa)  


NET – Sejumlah daerah  yang melaksanakan Layanan Investasi mendapat penilaian dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pada penilaian tersebut, Pemerintah Kota Tangerang meraih penghargaan Anugerah kategori Pemerintah Kota Terbaik Pertama.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pelaksanaan penghargaan ini merupakan amanah dari  Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 tahun 2020 tentang pemberian penghargaan dan/atau pengenaan sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Tujuan untuk menilai Kementerian/Lembaga dan Kepala Daerah khususnya terkait usaha percepatan layanan investasi," ujar Bahlil pada Anugerah Layanan Investasi di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Bahlil menerangkan proses penilaian dari Anugerah Layanan Investasi berlangsung selama empat bulan dan melibatkan tim independen yang berasal dari berbagai Kementerian antara lain Menko Perekonomian, Menke Marvest, Sekretariat Kabinet, Kemterian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Investasi.

"Tim ini sangat independen dan juga ada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," tuturnya.

Direktur Kerja Sama Pelaksanaan Berusaha pada Kementerian investasi/BKPM RI Jhonny Sakti Meyer Siribuan menjelaskan khusus pemerintah daerah, aspek yang dinilai ada dua. Pertama kinerja pelayanan terpadu satu pintu. Jadi menilai pelayanan publik khususnya perizinan berusaha yang diberikan pelaku usaha.

"Kedua, aspek percepatan pelaksanaan berusaha. Adalah kolaborasi antara dinas dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Pemda yang dibawah koordinasi kepala daerah. Jadi memperlihatkan bagaimana bisa saling bersinergi untuk menciptakan iklim pelaksanaan berusaha yang semakin baik di daerah," tutur Jhonny.

Sementara dilain pihak, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Investasi/BKPM yang terus membimbing Pemerintah Kota Tangerang agar bisa terus memberikan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sebagaimana kita dengarkan arahan Bapak Wapres (Wakil Presiden Ma’ruf Amin) dan Bapak Menteri Investasi dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi Nasional dan membuka lapangan pekerjaan bahwa investasi ini sangat dibutuhkan," ujar Arief.

"Untuk itu, kita akan terus memberikan kemudahan pelayanan investasi di Kota Tangerang," jabar Arief.

Arief mengaku pemerintahannya akan terus menambah dan memberikan kemudahan investasi. Bukan hanya untuk perusahaan skala besar, melainkan UMKM (Usaha Mikro Kecil, dan Menengah) di daerahnya.

"Selanjutnya akan memperluas pelayanan publik. Sudah dianggarkan pada perubahan anggaran tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan akan semakin banyak layanan yang terintegrasi untuk kemudahan investasi," katanya.

UMKM pun sama, kata Arief, termasuk mendorong berbagai kegiatan dan festival di Kota Tangerang sebagai media pemasaran UMKM. Juga bekerjasama dengan perbankan untuk permohonan permodalan hingga September 2022 dan sudah tersalurkan bantuan tunai untuk UMKM sebesar Rp 600 miliar.

Sebagaimana yang ada dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) realisasi investasi di Kota Tangerang pada 2019 sampai dengan 2023 ditargetkan sebesar Rp 42,27 triliun dan sampai dengan Semester I tahun 2022 telah terealisasi sebesar Rp 35,05 triliun atau sebesar 82,89 persen.

"Pada tahun 2022 ini ditargetkan sebesar Rp 9,21 triliun dan sudah terealisasi sebesar Rp. 6,09 triliun atau sebesar 66,02 persen," tutur Arief. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments