Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arief Berbagi Pengalaman Pada Seminar Internasional Tangani TBC

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
saat paparan tentang penanganan TBC. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah didaulat menjadi pembicara dalam Indonesia Tuberculosis (TBC) International Meeting tahun 2022 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Jumat-Sabtu (9-10/9/2022).

Arief tampil sebagai pembicara dalam kegiatan yang memasuki tahun ke-4 tersebut, tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan TBC yang melibatkan peran serta dari seluruh masyarakat. Upaya tersebut antara lain pemenuhan fasilitas layanan pengobatan dan skrining TBC di 37 Puskesmas dan 34 rumah sakit. Kemudian pembentukan 1.000 kader TBC termasuk juga keterlibatan komunitas sekolah melalui gerakan RANSEL TBC.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari WHO, USAID dan beberapa organisasi kesehatan dunia dan Indonesia, Arief menyampaikan kolaborasi sektoral seluruh pemangku kepentingan dalam penanganan TBC.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk menyelesaikan permasalahan TBC," ujar Arief mempresentasikan program penanganan TBC dalam bahasa Inggris,  Jumat (9/9/2022).

Namun, kata Arief, dengan pola kerjasama dan keterlibatan semua pihak penanganan TBC bisa dilakukan. "Semua pihak terlibat para kader, orang tua. Melalui program Ransel, kita menjadikan anak-anak sekolah sebagai duta besar penanganan TBC di sekolah," imbuhnya.

Selain itu, Arief menyampaikan komitmen besar Pemerintah Kota Tangerang yang didukung oleh kebijakan Pemerintah provinsi dan Pemerintah pusat menjadi kunci keberhasilan penangananan TBC.

"Kita sudah mengeluarkan aturan terkait penanganan TBC termasuk mengalokasikan anggaran untuk penanganan TBC," tutur Arief seraya menerangkan bahwa untuk penanganan TBC Pemkot Tangerang mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 67 tahun 2021, selain alokasi anggaran untuk kesehatan yang mencapai 60 persen.

Sebagai informasi, acara Indonesia Tuberculosis International Meeting tahun 2022 diikuti oleh peserta dari luar negeri antara lain dari Singapura, Australia, Nigeria, Nepal, India, Amerika dan Swedia. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments