Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Al Muktabar: PNS Jadilah Teladan Masyarakat

Pj Gubernur Banten Al Muktabar 
seusai menyerahkan SK CPNS. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap Pegawai Negeri Sipil (PNS) mampu menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat. Profesi PNS menjadi salah satu jalur pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan status PNS, keseharian kita menjadi panutan dan teladan masyarakat. Perankan betul dalam keadaan bagaimanapun untuk memberi keteladanan," ujar Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kamis (2/6/2022).

Hal itu dikatakan Al Muktabar pada Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Penyerahan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2021 Pemerintah Provinsi Banten di Lapangan Upacara Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Curug, Kota Serang.

Al Muktabar mengambil sumpah dan janji PNS kepada 269 orang. Al Muktabar juga menyerahkan Surat Keputusan CPNS kepada 26 orang.

Dikatakan, CPNS yang telah diambil sumpah dan janji PNS, di pundaknya telah berada tanggung jawab kenegaraan sesuai dengan sumpah dan janjinya. PNS adalah satu bagian dari pilar bernegara serta menjadi unit pemersatu bangsa. Sumpah yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Allah SWT pada akhir kehidupan nanti.

"Profesi PNS juga menjadi jalan pengabdian kita serta untuk menimba amal ibadah kita," ungkap Al Muktabar.

"Saya minta kepada saudara-saudara untuk pahami betul sumpah dan janji PNS. Dari situ saudara akan dipandu ke depan dalam dedikasi kepada bangsa dan negara," tambahnya.

Menurut Al Muktabar, menjadi PNS sangat diminati oleh masyarakat. Terpilih menjadi PNS, satu kehormatan dari negara untuk mengisi pembangunan dalam tatanan NKRI. Dalam melaksanakan tugas, tidak ada pilihan selain mendedikasikan diri kepada bangsa dan negara.

Dikatakan, peta karir PNS ke depan terbuka dan berada di pundak masing-masing. Saat ini telah dikembangkan peta karir yang kompetitif, akuntabel, fair, dan transparan. PNS diimbau untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan melalui pendidikan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam mendedikasikan diri kepada negara.

"Abaikan kedekatan yang tidak profesional," ucap Al Muktabar.

Menurutnya, jenjang jabatan fungsional dan jabatan struktural, memiliki peluang sama untuk mengembangkan karir.

"Saya berharap saudara-saudara tidak mendikotomikan jabatan fungsional dan jabatan struktural. Semua terbuka untuk mengembangkan karir. Persiapkan diri sebaik mungkin yang dikristalisasi oleh sumpah dan janji tadi," pungkasnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments