Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Carita Dilanda Banjir, BPBD Banten Diperintahkan Wagub Salurkan Bantuan

Sejumlah rumah warga yang terendam 
banjir di kawasan Carita, Pandeglang. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Kawasan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, dilanda banjir Sabtu (19/3/2022) setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah tersebut sejak malam harinya sehingga menyebabkan sungai yang melintasi kawasan tersebut meluap.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku sudah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kebencanaan dan OPD terkait untuk terjun memberikan bantuan dan pertolongan pertama yang dibutuhkan warga korban.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) agar segera menerjunkan anggotanya untuk melakukan bantuan dan pertolongan pertama yang harus dilakukan,” ujar Andika yang dihubungi melalui ponselnya pagi tadi.

Andika mengaku sudah meminta BPBD Banten untuk berkoordinasi dengan Pemda setempat dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dalam melakukan upaya penanggulangan bencana di kawasan tersebut.

Menurut Andika, BPBD sudah memiliki prosedur tetap dalam melaksanakan upaya penanggulangan bencana, sehingga dipastikan bantuan akan segera dilakukan dengan koordinasi bersama pihak terkait di lokasi bencana.

“Sampai sekarang, saya masih terus meng-up date perkembangan dari lokasi dari petugas kita yang ada di sana,” ucap Andika.

Andika menyebutkan sudah meminta Dinas Sosial Provinsi Banten dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk menyiapkan segala sesuatunya sesuai prosedur penanggulangan bencana sebagai OPD berikutnya yang harus bersiap untuk menangani korban bencana.

“Prinsipnya keselamatan warga adalah prioritas, setelah dipastikan mereka selamat selanjutnya mereka harus dipastikan aman baik kesehatannya maupun kebutuhan lainnya,” paparnya.

Andika meminta warga di wilayah bencana untuk dapat mengikuti arahan dari petugas berwenang dalam rangka mereka melakukan upaya penyelamatan.

Andika berharap tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, seraya meminta warga korban bencana untuk dapat saling menguatkan dan membantu sehingga dapat melewati bencana dengan selamat.

“Dan tentu saja, kami semua warga Banten mendoakan yang terbaik untuk saudara-saudara kita di sana,” ujarnya.

Untuk diketahui, banjir melanda wilayah Carita, Kabupaten Pandeglang. Banjir disebabkan hujan yang turun sejak pukul 03.30 WIB dini hari, Sabtu (19/3/2022). Hujan deras menyebabkan air dari Bendungan Badudun dan Sungai Cisurog meluap dan membanjiri sejumlah titik di wilayah Carita, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Genangan air pun hingga setinggi pinggang orang dewasa. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments