Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Petugas PMI Kota Tangerang Sigap Selamatkan Korban “Kebakaran” Di Lab UDD

Petugas PMI saat mengevakuasi "korban" 
kebakaran di Laboratorium UDD Batuceper. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang melaksanakan simulasi kebakaran di gadung Laboratorium UDD di Batu Ceper, Kota Tangerang, Jumat (11/2/2022).

Simulasi diawali dengan bunyi sirene yang menandakan terjadinya bencana kemudian disusul dengan suara imbauan anggota agar tidak panik dan mengikuti SOP (Standar Operasional Prosedur) evakuasi kebencanaan.

Husbeni Gonzala, Wakil Ketua Bidang Pencitraan dan Kerjasama PMI Kota Tangerang menjelaskan pelaksaan simulasi tersebut bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan akreditasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pada simulasi itu turut dilibatkan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang unit pemadam kebakaran serta unsur TNI dan Polri.

"Kami melibatkan ratusan orang termasuk relawan dan staf laboratorium, pihak terkait bahkan juga warga sekitar," tutur Husbeni Gonzala ketika ditemui di lokasi, Jumat (11/2/2022).

Husbeni mengatakan melalui kegiatan tersebut kemampuan para anggota PMI dalam penanggulangan kebencanaan terutama kebakaran tetap terjaga dan terus meningkat.

Pantauan wartawan di lokasi, proses penangangan simulasi evakuasi bencana kebakaran ini berjalan dengan singkat atau kurang lebih 45 menit.

Personil BPBD unit pemadam kebakaran terlihat memadamkan kobaran api yang kemudian disusul anggota PMI melakukan evakuasi korban dari lantai dua dengan menggunakan tali pengaman dan segera dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ambulans milik PMI Kota Tangerang. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments