Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peringati HPSN, Walikota Canangkan Program RW Tanpa Sampah

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
saksikan warga membuang sampah terpilah.  
(Foto: Istimewa) 


NET - Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mencanangkan Rukun Warga (RW) Tanpa Sampah, Menuju Kelurahan Tanpa Sampah bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022.

Arief menyebutkan dengan pencanangan RW tanpa sampah akan mengurangi beban dari Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) Rawa Kucing yang menjadi muara sampah dari rumah tangga maupun lingkungan di wilayah Kota Tangerang.

"Dengan pemilahan sampah yang dilakukan di sumber, khusunya dari rumah tangga. Karena, saat ini sampah yang masuk di TPA Rawa Kucing mencapai 1.500 ton per hari," ungkap Walikota dalam pencanangan RW Tanpa Sampah di Komplek Lapas Klas 1, RW 04 Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Senin (21/2/2022).

Walikota menjabarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga tengah menyiapkan skema pengangkutan sampah dari rumah tangga agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan.

"Sampah yang sudah terpilah akan dibawa secara terpisah, sedangkan residunya akan diangkut ke TPA dengan bentor," jelasnya yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tihar Sopian.

Arief mengungkapkan dengan dilakukannya pemilahan sampah di sumber, masyarakat tidak lagi menjadi objek namun menjadi subjek dari program pengolahan sampah.

"Selain itu, lingkungan bisa jadi lebih bersih dan sehat," ucap Walikota.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Walikota memberikan bantuan berupa satu unit dropbox sampah Bahan Berbahaya Beracun (B-3), 50 box sampah organik, karung anorganik serta plastik pengumpul sampah B-3. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments