Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Warga Kesal, Karena Faktor Ini Jalan Raya Mauk Tangerang Kerap Macet

Warga saat melintas Jalan Raya Mauk 
yang sepanjang hari macet lalulintas. 
(Foto: Istimewa)  


NET  - Warga pengguna Jalan Raya Mauk, Kabupaten Tangerang sudah terbiasa mengalami kemacetan lalulintas yang mengekor hingga berkilometer. Meski disiasati berangkat lebih pagi tetapi masih kerap tetap terjebak macet.

Kondisi lalulintas macet iut dilontarkan oleh Andrea Utomo, warga Emerald Residence Sepatan (ERS) pada Selasa (18/1/2022). Utomo mengaku harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam lebih untuk tiba di kantor tempatnya bekerja.

Padahal dia sudah memperhitungkan berangkat lebih awal karena Senin, selain menjadi jam sibuk, ditambah dengan sistem WFH (bekerja di rumah) dianggap sudah berkurang. Dia memprediksi arus lalulibtas bakal lebih padat.

Ternyata, Andrea mengklaim tetap terjebak macet di tiga titik, yakni di pertigaan Oja, pertigaan Pasar Sepatan dan di Jembatan Kedaung wilayah Sepatan Timur perbatasan Kabupaten dan Kota Tangerang.

"Sampai kantor sekitar jam 09.20 WIB. Padahal dari rumah jam 06.40 WIB," ujar Andrea Utomo kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Dia menyayangkan minimnya petugas saat arus kendaraan sedang padat ramai. Seoalah warga pun dibiasakan oleh kondisi lalin yang macet.

"Yang di pertigaan pasar sepatan dan jembatan tidak ada (petugas, red), baik dari polisi maupun Dinas Perhubungan," ucap pria yang biasa disapa Andre ini.

Lalu, persoalan tidak sampai di situ, kondisi pedagang yang nyaris berdekatan dengan bahu jalan membuat arus kendaraan tidak lancar.

Andre menjelaskan kondisi ini diperparah dengan pengguna jalan yang tidak taat aturan lalulintas. Tidak sedikit warga yang menggunakan roda dua mengambil sisi jalan yang berlawanan arah. Akhirnya kemacetan sukar terurai alias semakin krodit.

"Pedagang jualan juga sudah menyalahi aturan sampai ke badan jalan. Motor para pembeli parkir juga seenaknya," tuturnya.

Andre berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang segera mencari solusi karena kerugian akibat macet di Jalan Raya Mauk tidak hanya untuk akses menuju kantor saja, tetapi distribusi ekonomi serta kepentingan siswa yang ingin ke sekolah juga mengalami kendala.

Informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah testimoni warga dan pemberitaan persoalan macet di wilayah yang dilintasi warga menuju Kota Tangerang, Tangerang Selatan (Tangsel) dan Jakarta ini sudah berlangsung lama.

Sementara Rudi Rehan, dalam akun youtube pribadi yang sempat diposting beberapa waktu lalu mengeluhkan soal kesadaran pemilik kendaraan di Jalan Raya Mauk tersebut.

Angkutan Kota (Angkot) yang melewati trayek Jalan Raya Mauk dianggap Rudi tidak sabar. Supir mengambil sisi kanan jalan kendaraan yang berada di depan. Sehingga semakin menambah kemacetan karena dari arah sebaliknya tidak melewati jalan.

Selain ada sejumlah titik kemacetan, Rudi mengatakan tidak ada petugas yang mengatur lalulintas saat akses utama itu mengalami kepadatan. Yakni saat jam aktivitas warga untuk berangkat kerja.

"Ada penumpukan (kendaraan) di Jembatan Sulang. Seharusnya di jalur ini (Sulang, Sepatan) ada petugas yang mengatur," ucap Rudi Rehan di akun Youtubenya. (*/rls)

Post a Comment

0 Comments