Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wagub Andika Instruksikan OPD Bantu Warga Terdampak Gempa

Wagub Banten Andika Hazrumy. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk bergerak cepat membantu warga terdampak gempa 6,6 SR di Banten pada Jumat (14/01/2022).

Andika mengatakan sesuai arahan Gubernur Banten H. Wahidin Halim telah memberikan instruksi langsung agar jajaranya dapat cepat tanggap memberikan bantuan, sekaligus segera melakukan pemetaan kebutuhan bantuan kedaruratan.

"Sesuai arahan Bapak Gubernur, saya sudah memberikan instruksi agar segera melakukan pemetaan dan pendataan mana saja yang terdampak gempa kemarin. Apa saja yang dibutuhkan agar segera disalurkan," ujar Andika Hazrumy di Kota Serang, Sabtu (15/1/2022).

Andika mengungkapkan saat ini Pemprov Banten telah melakukan bantuan kedaruratan, evakuasi masyarakat, pendataan, assessment, serta pemantauan wilayah terdampak. "Saat ini kita sudah salurkan bantuan awal berupa logistik," ungkapnya.

Andika mengatakan Pemprov Banten akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah di Kabupaten terdampak gempa, TNI, Polri, serta lembaga masyarakat lainnya.

Selain itu, sebagai Ketua Forum Koordinasi Tagana, Andika telah mengarahkan para relawan Tagana Banten untuk terjun langsung ke lokasi terdampak gempa. "Tagana sudah diarahkan ke lokasi (gempa), mereka juga akan melakukan pendataan, serta pemantauan wilayah terdampak," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengungkapkan telah melakukan pengiriman logistik awal ke Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang berupa perlengkapan dapur keluarga 100 paket dan kidsware 100 paket.

Selanjutnya, Pemprov Banten akan mengirim bantuan logistik tambahan ke Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Bantuan logistik tambahan tersebut berupa: makanan siap saji, air minum kemasan, kidsware, pampers bayi, pembalut wanita, tenda gulung, tenda keluarga, tenda serbaguna keluarga, matras, kasur, serta selimut.

“Untuk penyiapan fasilitas dapur umum disesuaikan dengan kebutuhan,” pungkasnya.

Gempa berskala 6.6 SR menimpa Provinsi Banten sedikitnya tiga wilayah terdampak di Provinsi Banten yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Serang. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments