Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hari Kusta Sedunia, Arief: Stigma Negatif Penderita Sudah Lama Dihapus

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
menyaksikan ruang perawatan penderita 
kusta di RSUP Dr. Sitanala. 
(Foto: Istimewa)  


NET – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi kepada para penderita kusta agar tetap dapat hidup berdampingan dengan masyarakat lain.

"Pemerintah Kota Tangerang sejak dulu telah menghapus stigma terhadap penderita kusta," ujar Arief pada Peringatan Hari Kusta Sedunia 2022 yang mengusung tema "Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta" di RSUP Dr. Sitanala, Neglasari, Kota Tangerang, Senin (31/1/2022).

"Dan menjadikan mereka bagian dari keluarga Pemkot Tangerang.  Sebagai petugas kebersihan agar mereka tetap produktif," tutur Arief yang dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono.

Walikota menjelaskan selain langkah pengobatan, perlunya edukasi tentang pencegahan dan penyebab penyakit kusta, perlu diberikan kepada masyarakat sehingga penanganan bisa dilakukan sedini mungkin.

"Pemda ikut andil dalam melakukan pelacakan dini di masyarakat agar bisa segera mendapat penanganan yang optimal melalui peran kader kesehatan di wilayah," jelas Arief.

Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan deteksi dini serta edukasi yang baik kepada masyarakat tentang penyakit kusta sangat diperlukan demi program eliminasi penderita kusta di Indonesia dapat segera terealisasi.

"Selain eliminasi, stigma dan diskrimasi kepada penderita kusta juga bisa dihilangkan," tutur Dante.  (*/pur)

Post a Comment

0 Comments